Ciabatti Kembali Sindir Honda Tak Bisa Juara Jika Tak Diperkuat Marquez

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 05 Apr 2020, 15:50 WIB
Ciabatti Kembali Sindir Honda Tak Bisa Juara Jika Tak Diperkuat Marquez

Marc Marquez, Repsol Honda.

Berita MotoGP: Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, kembali memberikan komentar miringnya kepada tim Honda dan pebalap andalannya, Marc Marquez.

Dominasi Marc Marquez bresama tim repsol Honda memang tak terkalahkan dalam beberapa musim ke belakang. Bahkan pada MotoGP 2019 lalu, Marquez makin tampil garang dengan raihan 18 podium dari 19 seri balap, di mana 12 di antaranya berhasil berbuah kemenangan.

Marquez yang kian dominan tentu membuat para rivalnya hanya bisa gigit jari lantaran tertinggal jauh dalam selisih poin. Salah satu tim rival yang paling merasakan dampaknya adalah Ducati.

Skuat asal Borgo Panigale melalui pebalapnya, Andrea Dovizioso hanya bisa menempati posisi runner-up tiga tahun beruntun. Bahkan musim lalu selisih poin mereka terpaut cukup jauh yakni 151 poin. Dovizioso hanya mengoleksi2 269 poin sementara Marquez mampu meraih 420 poin.

Honda pun langsung gerak cepat dengan memperpanjang kontrak Marc Marquez selama empat musim atau hingga akhir 2024 mendatang.

Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, turut memberikan komentar terhadap keputusan Honda memberikan kontrak berdurasi panjang tersebut.

"Ini adalah keputusan yang tak terduga dan berani yang dibuat Honda dengan mempertahankan satu-satunya pebalap yang bisa memberi mereka jaminan kemenangan," ujar Paolo Ciabatti, dilansir dari Motorsport-Total.

Dalam kesempatan yang sama, Ciabatti juga menyebut Honda tak akan bisa menjadi juara tanpa Marquez. Sejak naik ke kelas MotoGP pada 2013, Marquez nyaris selalu berhasil merebut titel juara dunia. Ia hanya satu kali menelan kegagalan saat menempati peringkat ketiga pada MotoGP 2015.

Ciabatti pun meragukan pembelaan Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, bahwa Honda telah melahirkan banyak pebalap juara.

"Saya tahu bahwa Puig akan membawakan kisah dari Mick Doohan [legenda MotoGP]. Tetapi kenyataannya adalah bahwa tanpa Marquez pada 2013 mereka tidak akan memenangkan kejuaraan, itu fakta," tegasnya.

Ini bukanlah pertama kalinya Ciabatti memberikan komentar pedas kepada Honda dan juga Marquez. Sebelumnya, ia juga pernah menyebut bahwa Honda terlalu memprioritaskan Marquez dalam pengembangan motor balapnya.

"Saya kira, Marquez telah dihujani emas oleh sebuah perusahaan yang mengembangkan motor untuknya tanpa memikirkan para pebalap lainnya," pungkasnya.

Artikel Tag: Marc Marquez, Ducati, Honda

1141  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini