banner babe

Catatan Unik Marquez di MotoGP Australia: Dua Kali Menang, Empat Kali Gagal Finis

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 23 Okt 2019, 22:26 WIB
Catatan Unik Marquez di MotoGP Australia: Dua Kali Menang, Empat Kali Gagal Finis

Marc Marquez, Repsol Honda.

Berita MotoGP: Marc Marquez ternyata punya catatan yang agak unik saat tampil di MotoGP Australia. Enam kali tampil di Phillip Island, Marquez sudah gagal empat kali, namun dalam dua balapan ia berhasil menjadi pemenang.

Marquez punya kesempatan membuat rekor baru pada balapan yang akan berlangsung digelar di Sirkuit Phillip Island, Minggu (27/10).

Pebalap Tim Repsol Honda itu akan tercatat sebagai pebalap Honda dengan jumlah kemenangan terbanyak, andai berhasil finis pertama di Australia. Kini ia telah mengoleksi 54 kemenangan, atau sama dengan Mick Doohan.

Kendati demikian, tantangannya untuk melampaui rekor tersebut di Australia memang tidak mudah. Ia terakhir kali menaklukkan Phillip Island pada tahun 2017.

Uniknya, total dari enam balapan di seri Australia sejak 2013, Marquez hanya mencatatkan dua kemenangan di tahun 2015 dan 2017. Sisanya, sang juara dunia bertahan itu selalu gagal mengakhiri balapan.

Pada balapan tahun 2013, Marquez terpaksa didiskualifikasi pada lap ke-11. Saat itu para rider diwajibkan mengganti ban saat sudah memasuki lap ke-9 atau ke-10, namun ia tidak melakukannya hingga harus dikibari bendera hitam.

Setahun berselang, Marquez kembali gagal finis di Australia setelah mengalami crash saat tengah memimpin balapan pada 10 lap tersisa. Meski demikian, ia sudah mengunci titel juara dunia MotoGP 2014, sehingga hasil balapan di sana tidak berpengaruh bagi sang rider.

Marquez lagi-lagi mengalami kecelakaan di tahun 2016. Ia harus mengakhiri balapan lebih cepat, seusai kehilangan kendali bagian depan motornya di lap ke-10.

Pada balapan terakhir tahun 2018, Marques juga gagal menyelesaikan balapan di Phillip Island. Ia terpaksa keluar dari race usai motornya ditabrak dari belakang oleh Johann Zarco di lap keenam.

Artikel Tag: Marc Marquez, MotoGP 2019, Honda, MotoGP Australia

2586  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini