Cal Crutchlow Akui Yamaha Kerja Keras untuk MotoGP 2023

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 23 Nov 2022, 23:20 WIB
Cal Crutchlow

Cal Crutchlow

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Yamaha disebut Cal Crutchlow kini bekerja lebih giat untuk mempersiapkan motor yang dipakai pada kejuaraan tahun depan setelah kecewa dengan hasil musim 2022.

Pada awal musim ini, Yamaha terpaksa tak menggunakan mesin 2022 karena timbulnya masalah reabilitas. Ini artinya, para rider pabrikan asal Jepang menggunakan YZR-M1 dengan karakteristik yang mirip dengan motor edisi sebelumnya.

Tenaga yang tak terlalu kuat kian diperparah dengan problem traksi. Alhasil semua wakil mereka melempem, kecuali Fabio Quartararo.

Franco Morbidelli, Darryn Binder, Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow hanya bisa mengumpulkan 79 poin atau sepertiga dari raihan Quartararo. Yamaha juga menjadi satu-satunya pabrikan selain Suzuki yang pada MotoGP 2022 hanya berhasil membawa satu pebalapnya finis tiga besar.

Peta persaingan kelas utama berubah drastis pada 2022, dengan pabrikan Eropa mengacaukan dominasi pabrikan Jepang. Fakta ini membuat kinerja pabrikan dari Negeri Matahari Terbit kerap mendapat hujatan.

Yamaha pun mendatangkan eks kepala divisi mesin Formula 1, Luca Marmorini, untuk membantu pengembangan kuda besi 2023.

Crutchlow, yang sudah dua musim menjadi pebalap penguji pabrikan berlogo garpu tala, mengatakan Yamaha kini tengah bekerja keras untuk persiapan tahun depan.

"Yamaha, tidak, saya belum pernah melihat mereka bekerja sekeras itu," ujarnya dilansir dari Motorsport.com.

"Mereka bekerja keras. Bahkan tahun lalu, mereka bekerja keras dengan pengujian. Namun, Honda, tim saat saya balapan dan melakukan tes, mereka biasa melakukan 100 lap sehari,” imbuhnya.

Crutchlow pun menyebut tim beberapa kali membawa perangkat baru untuk diuji coba, tidak peduli apakah akan membuahkan hasil atau tidak.

"Saya harus mengevaluasi apakah itu berhasil atau tidak, tetapi mereka bekerja sangat, sangat keras dan itu selalu positif,” ujar pria berusia 37 tahun itu.

Sang rider sendiri senang dengan mesin 2023 ketika ia mengujinya di Jerez. Namun anehnya Quartararo dan Franco Morbidelli tidak puas saat menjajalnya di Ricardo Tormo. Padahal di Misano pada September lalu, El Diablo memuji YZR-M1 versi teranyar.

Artikel Tag: Cal Crutchlow, yamaha, motogp 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/cal-crutchlow-akui-yamaha-kerja-keras-untuk-motogp-2023
610  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini