Cal Crutchlow Akui Setelan Motor YZR-M1 Miliknya Mirip Valentino Rossi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 07 Mar 2021, 17:50 WIB
Cal Crutchlow

Cal Crutchlow

Berita MotoGP: Rider penguji Yamaha yang baru, Cal Crutchlow, mengungkapkan bahwa ia dahulu punya setelan motor yang mirip dengan milik Valentino Rossi.

Tak bisa dipungkiri bahwa motor Yamaha YZR-M1 memiliki potensi yang sangat tinggi untuk menang di MotoGP. Buktinya, mereka meraih 6 kemenangan dari 14 balapan yang berlangsung di musim lalu.

Namun Yamaha justru gagal meraih titel juara akibat masalah grip ban belakang yang membuat para pebalap Yamaha kerap mati kutu ketika bersaing dalam perburuan gelar juara.

Konsistensi menjadi kuncinya. Meski Yamaha beberapa kali mendominasi tetapi juga rentan tenggelam begitu kondisi trek tidak bersahabat dengan YZR-M1.

Masalah berlarut-larut sampai membuat Maverick Vinales dan Valentino Rossi mempertanyakan keseriusan Yamaha dalam mendengarkan masukan dari pebalap mereka.

Kini, Cal Crutchlow yang menjadi test rider anyar Yamaha diharapkan bisa membantu menemukan jalan keluar dari krisis yang telah mereka alami dalam beberapa tahun terakhir di MotoGP.

Crutchlow tentu bukan orang baru di skuat asal Iwata ini. Ia sudah mengenal motor YZR-M1 karena sempat memperkuat tim satelit Monster Yamaha Tech3 selama tiga musim pada 2011 hingga 2013. Crutchlow mengaku siap mendengarkan masukan semua pebalap Yamaha untuk menemukan titik tengah dalam pengembangan motor.

"Ketika ada empat pebalap di sebuah pabrikan tentu saja mereka tidak berkendara dengan cara yang sama," ujar Cal Crutchlow dilansir dari Crash.

"Jadi Anda harus menemukan semacam kompromi sebagai pebalap penguji untuk membantu mereka semua, atau menjajal komponen yang mereka minta. Saya pikir salah satu area kunci ketika menjadi pebalap penguji adalah bekerja sama dengan para pebalap, dengan tim, dengan kru lain, dan dengan kepala kru," tandasnya.

Crutchlow mengaku belum mengamati karakter setelan para pebalap Yamaha saat ini. Namun, jika berkaca dari pengalamannya dahulu, pebalap asal Britania Raya itu mengaku lebih cocok dengan milik Valentino Rossi.

"Setelah kami mulai berkendara dan mengumpulkan informasi barulah saya tahu pebalap mana yang paling mirip dengan saya. Kalau dulu [setelan motor saya lebih mirip dengan] Valentino, tetapi itu ketika masih ada Jorge Lorenzo," tandasnya.

Cal Crutchlow telah memulai tugasnya sebagai pebalap penguji Yamaha dengan mengikuti tes shakedown pada Jumat (7/3) di Sirkuit Losail, Qatar. Crutchlow menjajal tiga motor Yamaha secara bergantian dengan pebalap penguji dari Jepang yaitu Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane.

Crutchlow tampaknya belum kehilangan kecepatannya. Menurut kicauan jurnalis The-Race, Simon Patterson, dua waktu lap teratas Yamaha pada tes shakedown kabarnya dicetak oleh Crutchlow. Motor nomor dua Yamaha berada di posisi kedua dalam catatan waktu lap tercepat dengan terpaut 1,236 detik dari waktu tercepat pada tes shakedown.

Artikel Tag: Cal Crutchlow, Valentino Rossi, yamaha, MotoGP 2021

13722  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini