Brad Binder: Arah Pengembangan KTM Sudah Tepat

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 10 Jun 2022, 04:25 WIB
Brad Binder

Brad Binder

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Brad Binder menyebut KTM sudah menemukan arah yang tepat untuk pengembangan motor RC16 setelah menguji beberapa perangkat anyar dalam tes di Sirkuit Catalunya.

Brad Binder menjadi tulang punggung KTM musim ini karena prestasinya paling bagus dibanding penunggang motor RC16 lainnya. Pria asal Afrika Selatan itu kini berada di peringkat keenam klasemen sementara pebalap MotoGP 2022 setelah mengumpulkan total 73 poin, selisih 74 angka dari Fabio Quartararo yang kian nyaman di posisi puncak.

Binder berhasil mencapai posisi setinggi itu berkat rutin menembus 10 besar di tiap balapan. Sebaliknya sang tandeman, Miguel Oliveira, berada lima peringkat di bawahnya meski mencatatkan satu kemenangan di MotoGP Indonesia. Ia lebih sering gagal finis dibanding rekannya dan kerap berada di luar 10 besar.

Terhambatnya langkah kedua pebalap tersebut membuat kinerja motor RC16 dikambinghitamkan. Para mekanik KTM pun berusaha memperbaikinya dan memanfaatkan sesi uji coba untuk mengetahui sejauh mana upaya mereka berimbas pada peningkatan motor.

Dalam tes MotoGP di Sirkuit Catalunya, pabrikan asal Austria itu mencoba beberapa perangkat baru dan memodifikasi sasis. Sepanjang uji coba, cuma Binder yang mampu mencatatkan waktu tercepat di antara rider KTM lainnya seperti Oliveira, Remy Gardner, dan Raul Fernandez. Ia mangamankan urutan ke-11 dengan torehan terbaik 1:39,998.

Kakak Darryn Binder tersebut kemudian mengungkapkan sensasi saat menguji berbagai perangkat anyar yang dibawa oleh timnya.

“Saya mendapat kesempatan untuk meninjau lagi beberapa hal dan menguji beberapa perangkat baru. Tujuannya adalah mengumpulkan informasi, bergerak maju dan memberi teknisi arah bagus untuk pekerjaan mereka di masa depan,” katanya dikutip dari Speedweek.com.

“Ada beberapa poin positif, tapi ada juga aspek negatif besar. Jadi sangat penting kalau kami menguji ini dan memahaminya sehingga para mekanik bisa melanjutkan lagi dan mencoba mengombinasikan keduanya,” ia melanjutkan.

“Sekarang, saya sudah lebih memahami paket aero. Kami punya waktu untuk memainkannya pada Senin. Itu sangat penting.”

“Ini memang bukan pencapaian besar, tapi yang paling penting adalah kami menemukan arah yang tepat,” tegas Binder.

Selanjutnya, MotoGP 2022 akan menyambangi Sirkuit Sachsenring. Binder mengaku tidak ingin memasang target muluk-muluk di MotoGP Jerman. Ia sadar keinginan yang berlebihan justru akan membuatnya kecewa karena pengembangan motor RC16 masih lambat.

“Saya hanya menunggu untuk melihat apa yang kami bisa lakukan. Saya kira saya harus mengambil langkah mundur karena saya menginginkan terlalu banyak dari apa yang kami miliki saat ini. Menempatkan diri saya di gravel bed juga tidak pintar,” tutup Binder.

Artikel Tag: ktm, Brad Binder, MotoGP 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/brad-binder-arah-pengembangan-ktm-sudah-tepat
738  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini