Bos Yamaha: Franco Morbidelli Kehilangan Kepercayaan Diri di Atas Motor

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 12 Jan 2023, 23:55 WIB
Franco Morbidelli

Franco Morbidelli

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Yamaha, Lin Jarvis, berharap Franco Morbidelli kembali menemukan kepercayaan diri yang hilang di atas kuda besi setelah sempat mengalami cedera lutut.

Franco Morbidelli mampu naik podium enam kali dari enam balapan saat tampil di Brno 2020 sampai Jerez 2021. Ia bahkan berhasil merebut tiga kemenangan yang membawanya finis sebagai runner-up MotoGP 2020.

Namun sejak saat itu pebalap yang akrab disapa Franky tersebut tidak pernah lagi finis lebih tinggi dari P7 pada balapan basah dan P10 pada balapan kering. Ini membuat Morbidelli hanya berada di peringkat ke-17 MotoGP 2022 dengan raihan 42 poin. Ia bahkan terpaut hingga 248 poin dengan tandemannya, Fabio Quartararo.

Sejak mengalami cedera lutut dan menjalani operasi untuk menyembuhkannya, Morbidelli tak pernah kembali ke bentuk terbaiknya. Padahal murid Valentino Rossi tersebut mendapat dukungan penuh dari pabrikan Yamaha.

“Cedera lutut adalah titik balik hanya dalam artian Franky absen selama lima balapan, kemudian kami membawanya ke tim pabrikan setelah kekacauan Vinales,” kata Managing Director Yamaha Racing, Lin Jarvis, dikutip dari Crash.

“Jadi kami dihadapkan pada situasi yang luar biasa, kami memasukkan Franky ke tim pabrikan di Misano 2021 dan dia melakukan lima balapan terakhir musim ini bersama kami, tetapi dia tidak fit,” imbuhnya.

Jarvis merasa masih terlalu dini bagi Franco Morbidelli untuk dipromosikan ke tim utama Yamaha. Situasi kian diperparah dengan hilangnya kepercayaan diri sang rider di atas motor.

“Dia mengambil peran, bergabung dengan tim (pabrik) kami, tapi bisa dibilang itu terlalu dini. Pada kenyataannya, dia tidak cocok untuk balapan pada tahap itu. Jadi itu alasan (kinerja) tahun lalu,” ia menuturkan.

“Tapi untuk tahun ini (2022), itu tidak menjadi masalah. Dia berlatih dengan baik sepanjang musim dingin dan saya pikir dia akan menjadi orang pertama yang mengatakan 'tidak, tahun ini saya sudah fit secara fisik',”

"Tapi ada sesuatu yang hilang dan dia tidak pernah bisa benar-benar menemukan kepercayaan diri dengan motornya,” tutupnya.

Artikel Tag: Franco Morbidelli, yamaha, motogp 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/bos-yamaha-franco-morbidelli-kehilangan-kepercayaan-diri-di-atas-motor
461  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini