Bos Suzuki Akui Sempat Serius Ingin Datangkan Valentino Rossi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 01 Des 2020, 23:00 WIB
Valentino Rossi, Davide Brivio

Valentino Rossi bersama Davide Brivio

Berita MotoGP: Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, tak menutupi ketertarikannya untuk mendatangkan Valentino Rossi ke timnya kala menjalani comeback di MotoGP.

Suzuki baru saja mengakhiri puasa gelar juara sejak terakhir kali diraih 20 tahun silam, adalah Joan Mir yang mempersembahkan gelar juara dunia pertama bagi Suzuki pada ajang grand prix sejak Kenny Roberts di kelas 500cc pada tahun 2000.

Begitu pula dengan rekan setim Mir yakni Alex Rins yang mampu mengunci posisi tiga besar sekaligus mengantarkan Suzuki meraih gelar juara tim di MotoGP 2020.

Raihan dua gelar juara menjadi puncak prestasi Suzuki sejak memutuskan kembali ke MotoGP pada musim 2015. Suzuki sempat memutuskan keluar dari MotoGP pada akhir musim 2011 karena krisis ekonomi global.

Skuat asal Hamamatsu itu awalnya berencana hiatus selama dua musim sembari mempersiapkan motor balap yang lebih kompetitif. Mengembangkan motor balap rupanya bukan satu-satunya agenda Suzuki.

Saat berencana kembali ke MotoGP, Suzuki rupanya ingin mengincar para pebalap megabintang salah satunya adalah Valentino Rossi. Hal itu diungkapkan oleh Davide Brivio dalam wawancara dengan InSella.

Apalagi, Brivio punya hubungan kedekatan dengan Rossi lantaran ia lah yang mendatangkan The Doctor ke tim Yamaha. Bahkan keduanya secara kompak memilih keluar dari tim pabrikan Yamaha setelah musim 2010.

"Suzuki awalnya menghubungi saya untuk mengetahui apakah Valentino tertarik membalap dengan mereka. Akan tetapi, dia [Rossi] tidak tertarik," kata Brivio, dilansir dari Motosan.

Rossi sendiri lebih memilih pulang ke Yamaha pada 2013 setelah mengalami dua musim penuh bencana bersama Ducati. Meski percobaan merekrut Rossi berujung kegagalan, pembicaraan Suzuki dengan Brivio tetap membuahkan kesepakatan.

Suzuki menunjuk Brivio sebagai manajer tim mereka yang baru. Lebih-lebih, Brivio memiliki pengalaman panjang sebagai manajer tim pabrikan Yamaha.

Davide Brivio mengaku bahwa Suzuki benar-benar membangun persiapan mereka dari nol.

"Ketika kami memulainya, tidak ada tim, tidak ada struktur. Di Jepang mereka mengembangkan motor baru dengan mesin 4 silinder segaris setelah bertahun-tahun berkompetisi dengan mesin V4."

"Sementara mereka menyelesaikan motornya, kami membuat 'daftar belanja' untuk membentuk tim juara. Ini merupakan pengalaman yang hebat untuk memulai dari nol," tukasnya.

Artikel Tag: Valentino Rossi, Suzuki

3569  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini