Bos Repsol Honda: Cara Kerja Kami Tak Seberani Pabrikan Eropa

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 04 Jul 2023, 21:40 WIB
Honda, Alberto Puig

Alberto Puig

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Manajer Repsol Honda, Alberto Puig, membenarkan bahwa pihaknya punya cara kerja yang cenderung konservatif dan terlalu takut mencoba hal-hal baru.

Honda kini semakin tertinggal dari pabrikan-pabrikan asal Eropa. Semua disebabkan karena budaya kerja mereka yang cenderung konservatif.

Gengsi dan martabat para petinggi pabrikan asal Jepang sendiri memang cukup dijunjung tinggi dalam menghadapi kemajuan teknologi. Ini memang terbukti memberikan dampak positif dan mencerminkan identitas bangsa Negeri Sakura.

Tetapi di sisi lain mereka jadi cenderung menutup diri dan enggan mengikuti perkembangan zaman. Akibatnya dalam tiga tahun terakhir Honda mengalami kemerosotan performa.

Desas-desus tentang kurang harmonisnya hubungan para petinggi tim telah beberapa kali terdengar. Bahkan Alberto Puig yang merupakan Manajer Repsol Honda tak takut mengungkapkan sisi buruk mereka.

"Pabrikan Eropa telah bekerja secara agresif dalam beberapa tahun terakhir dan telah berani mengambil banyak risiko," jelasnya seperti dilansir dari Speedweek.

"Berani mengambil risiko itu memang bisa membuat kesalahan. Tapi mereka (pabrikan Eropa) berani menghadapinya. Sedangkan tradisi pabrikan Jepang mungkin lebih konservatif," ia mengimbuhkan.

Selain itu pandemi virus Covid-19 membuat pengembangan kuda besi RC213V sempat menemui jalan buntu. Semua disebabkan karena insinyur pabrikan berlogo sayap tunggal yang berada di Eropa tidak bisa mendatangi markas di Jepang.

"Para insinyur kami harus tinggal di Eropa dan tidak dapat mengembangkan motor sepert dulu, di masa lalu," kata Puig.

Pria asal Spanyol itu tak lagi menutupi fakta bahwa pihaknya memang jauh tertinggal. Hasil mengecewakan di paruh pertama MotoGP 2023 pun diharapkan dapat membuat para petinggi tim di Jepang sadar dan segera bangkit.

"Berdasarkan hasil, tidak terlalu sulit untuk dilihat. Hasil adalah paramater dan menunjukkan apa yang terjadi. Jelas bahwa mereka mungkin harus agak mengubah cara pendekatan mereka,” ia mengungkapkan.

"Mereka memiliki hal-hal yang sangat bagus, tetapi mereka mungkin perlu lebih responsif dari biasanya. Lebih sulut untuk menjadi cepat ketika Anda di Jepang dan tidak di Eropa. Tapi benar, bahwa kami harus mencoba lebih cepat dan bereaksi lebih cepat (menghadapi perubahan zaman)," pungkasnya.

Artikel Tag: Alberto Puig, motogp 2023, repsol honda, Honda

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/bos-repsol-honda-cara-kerja-kami-tak-seberani-pabrikan-eropa
836  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini