Bos KTM Tech3 Girang Raih Kemenangan Usai 20 Tahun Puasa

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 01 Mar 2021, 06:40 WIB
Herve Poncharal, KTM Tech3

Herve Poncharal, Presiden IRTA & Team Principal KTM Tech3.

Berita MotoGP: Bos KTM Tech3, Herve Poncharal, merasa terharu lantaran timnya akhirnya bisa mendapatkan kemenangan perdana di MotoGP usai penantian panjang. Ia pun optimistis bisa berbicara banyak di MotoGP 2021.

Sebagaimana diketahui, tim Tech3 mampu mendulang kemenangan di musim lalu. Tak hanya sekali, skuat asal Prancis ini mendapatkan dua kemenangan melalui pebalap mereka, Miguel Oliveira.

Kesuksesan tersebut diakui Herve Poncharal merupakan yang pertama setelah penantian panjang selama 20 tahun bagi tim KTM Tech3 menjadi peserta balap kelas utama MotoGP.

Poncharal sendiri awalnya merasa tak percaya atas torehan yang dicapai karena sudah sejak lama tujuan tersebut menjadi mimpi belaka. 

"Ketika Anda memimpikannya dan menjadi kenyataan, Anda seperti merasa ada di surga," ujar Poncharal dikutip dari Speedweek.com.

"Kami benar-benar menunggu sangat lama untuk meraih kemenangan perdana. Saya awanya sempat ragu apakah kami akan mendapatkannya. Kami mengalami tahun-tahun yang indah dengan finis dan ketiga dan kedua. Namun, tidak pernah memenangkan balapan," imbuhnya.

Tim satelit KTM tersebut awalnya sudah berusaha mencari formula kemenangan sejak mendatangkan Cal Cruthclow pada 2011 lalu. Namun saat itu, Crutchlow hanya bisa mempersembahkan enam podium dengan tim yang waktu itu bernama Yamaha Tech3 dari tiga musim yang berjalan.

Cruthclow lalu pindah dan melanjutkan karier di Ducati selama satu musim dan melangkah ke LCR Honda pada 2015. Rider asal Inggris itu mencatatkan tiga kemenangan dari enam musim bersama LCR Honda dan sekarang memutuskan pensiun yang diumumkan tahun lalu.

Dari prestasi yang dicapai Crutchlow, Poncharal mengaku sedikit iri karena sang pebalap tidak mendapatkan kemenangan waktu bersama Tech3.

"Ketika Lucio (Bos LCR Honda) memenangkan balapan dengan mantan pembalap saya menjadikan saya iri karena dia adalah pembalap yang pernah saya kelola," ujar dia.

Poncharal kini memilih untuk fokus dengan masa depan timnya, karena komposisi tim KTM sedang mengalami perubahan besar.

Miguel Oliveira dipromosikan naik ke tim pabrikan sehingga tim satelit kini sudah menyiapkan pengganti baru pada kejuaraan MotoGP 2021. Dia adalah Danilo Petrucci yang didatangkan dari Ducati untuk menjadi tandem baru Iker Lecuona.

Poncharal yakin dengan Petrucci dan Lecuona, KTM Tech3 masih bisa meraih hasil bagus dan kompetitif di musim ini.

"Kami telah memenangi dua balapan, tapi kami belum yang terbaik. Kami hanya salah satu dari 11 tim dengan memiliki peluang yang sama. Yang saya tahu, kami bekerja dengan tim pabrikan yang hebat dan memiliki banyak gairah untuk kami," tukasnya.

Artikel Tag: KTM Tech3, MotoGP 2021

564  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini