Bos Honda Sebut Alex Marquez Lebih Baik dari Lorenzo dan Pedrosa?

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 25 Okt 2020, 17:10 WIB
Alex Marquez

Alex Marquez meraih podium kedua di MotoGP Aragon 2020

Berita MotoGP: Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, memberikan penilaiannya soal kiprah Alex Marquez dibanding dengan dua mantan rider lain, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Menurutnya, Alex jauh lebih cepat beradaptasi.

Motor Honda memang terkenal memiliki karakteristik yang cukup sulit untuk ditaklukkan. Buktinya dalam dekade ini, hanya Marc Marquez lah yang mampu tampil gemilang.

Sementara itu dua rekan setimnya, yakni Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo dianggap kurang berhasil. Buktinya, pada MotoGP 2018 lalu Pedrosa sama sekali gagal naik podium, meski konsisten di 10 besar.

Hasil lebih parah dicatatkan Lorenzo di MotoGP 2019. Ia bahkan tidak pernah finis di posisi 10 besar dari 16 balapan yang ia lakoni. Rider berjuluk X-Fuera ini sangat kesulitan menaklukkan RC213V.

Sementara itu, hasil berbeda justru ditorehkan oleh pebalap debutan, Alex Marquez. Meski awalnya diragukan bisa tampil bersinar lantaran pencapaiannya yang biasa-biasa saja, namun Alex mampu membuat gebrakan dengan dua kali naik podium dengan finis posisi dua pada MotoGP Prancis dan Aragon 2020.

Keberhasilan itu pun membuat Alberto Puig sedikit bangga. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Pedrosa dan Lorenzo, Puig mengklaim bahwa Alex Marquez mampu beradaptasi dengan lebih baik.

“Dua pebalap itu (Lorenzo dan Pedrosa), adalah yang terbaik yang pernah saya temui, tapi mereka tidak berhasil beradaptasi dengan apa yang dibutuhkan oleh motor Honda. Tentu saja, kehebatan dua rider tersebut tidak perlu diperdebatkan lagi. Namun, untuk beberapa alasan, Alex mampu memahami motor dengan baik,” ujar Alberto Puig sebagaimana disadur dari Corsedimoto.

“Anda harus bisa menungganginya dengan cara tertentu demi mengoptimalkan potensinya. Alex mampu menguasai teknik itu hanya dalam waktu singkat,” tukasnya.

Penampilan gemilang yang ditunjukkan oleh Alex Marquez ini jelas menjadi sesuatu yang menggembirakan bagi Alberto Puig. Apalagi torehan tersebut ia raih ketika Honda dalam kondisi terpuruk usai ditinggal rider andalan mereka Marc Marquez usai mengalami cedera patah lengan sejak seri pertama MotoGP 2020 dan hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan comeback.

Artikel Tag: Alex Marquez, Jorge Lorenzo, dani pedrosa

745  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini