Bos Aprilia Apresiasi Keputusan MotoGP Bekukan Pengembangan Motor Musim Ini

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 09 Apr 2020, 13:40 WIB
Bos Aprilia Apresiasi Keputusan MotoGP Bekukan Pengembangan Motor Musim Ini

Bradley Smith, test rider tim Aprilia.

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, memuji keputusan MotoGP yang mengikuti langkah F1 dalam hal pembekuan pengembangan motor untuk musim depan. Menurutnya, ini merupakan langkah terbaik di kondisi seperti saat ini.

Formula 1 telah memutuskan untuk menunda aturan pengembangan mobil untuk musim 2021 akibat musim balap yang terganggu pandemi virus corona (Covid-19). Langkah ini dilakukan demi menekan biaya balap karena yang mandek total selama pandemi ini belum berakhir.

Langkah ini pun juga diikuti oleh MotoGP yang juga membekukan pengembangan motor musim ini. Presiden IRTA, Herve Poncharal menyatakan bahwa Dorna Sports, FIM, IRTA, dan MSMA telah sepakat soal aturan tersebut.

Dengan penundaan ini, berarti motor versi 2020 akan digunakan di musim MotoGP 2021 mendatang termasuk mesin, dan paket aerodinamika. Akan tetapi sasis dan perangkat elektronik dikabarkan tak termasuk dalam pembekuan yang akan dilakukan tersebut.

Rivola juga merupakan mantan Sporting Director Scuderia Ferrari di F1, memuji keputusan F1 untuk membekukan pengembangan mobil, dan sepakat bila MotoGP mengikuti langkah ini.

"Dalam situasi yang seperti saat ini, di mana kita masih belum bisa melihat cahaya di akhir lorong dan dengan prediksi yang sangat kritis, hanya memikirkan performa mesin adalah hal yang salah. Kami sangat harus memahami situasi dunia, dan saya rasa apa yang dilakukan F1 sudah tepat," ungkap Rivola kepada Motorsport.com.

"Kami juga harus mempertimbangkan langkah tersebut. Balapan pada 2021 dengan motor 2020, saya tak melihatnya sebagai 'kegilaan' jika aturan itu bisa membuat kami menekan biaya balap," imbuhnya.

Rivola juga mengungkapkan ide lain yang bisa dilakukan untuk menekan biaya balap lebih jauh, salah satunya adalah hanya menurunkan satu motor saja untuk tiap pebalap seperti yang dilakukan WorldSBK.

"Juga ada ribuan cara lain untuk melakukannya. Misalnya, hanya menurunkan satu motor untuk tiap pebalap, atau mereduksi jumlah kilometer, mengingat biaya balap per kilometer juga penting. Ada banyak opsi lain," tukasnya.

Artikel Tag: motogp 2020, MotoGP 2021, aprilia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/bos-aprilia-apresiasi-keputusan-motogp-bekukan-pengembangan-motor-musim-ini
1127  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini