Berita MotoGP Terbaru: Jika Skenario ini Terjadi di Motegi, Maka Marquez Sukses Mengunci Gelar Juara Dunia Tahun ini

Penulis: Datuk Nofri
Rabu 05 Okt 2016, 18:28 WIB
Berita MotoGP Terbaru: Jika Skenario ini Terjadi di Motegi, Maka Marquez Sukses Mengunci Gelar Juara Dunia Tahun ini

Marc Marquez sukses mempecundangi Valentino Rossi di Grand Prix Aragon 2016

Ligaolahraga - Menjelang seri ke-15 di Sirkuit Twin Ring Motegi pada pertengahan Oktober ini, Marc Marquez sepenuhnya memegang kendali karena selisih pointnya yang cukup lebar dibandingkan dua rival terdekatnya dari tim Movistar Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Secara hitungan Matematika, jika Marquez berhasil meraih gelar juara di Motegi, sementara Rossi finish di posisi ke-15 dan Lorenzo finish di posisi ke-4, maka selisih point pebalap Repsol Honda itu dari Rossi akan menjadi 75 point. Dengan selisih keunggulan sebesar 75 point, maka menjadi hal yang nyaris mustahil menyaksikan Rossi bisa memenangkan 3 seri tersisa setelah Grand Prix Jepang 2016.

MotoGP World Championship 2016 sudah memasuki fase-fase terakhir dan hanya menyisakan 4 seri grand prix lagi.

Sementara itu, tiga pebalap di posisi teratas klasemen sementara masih berpeluang untuk meraih gelar juara dunia musim ini yaitu Marc Marquez, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang masing-masing menempati posisi 1, 2, 3.

Namun demikian, bola sepenuhnya ada di tangan Marquez karena selisih pointnya yang cukup lebar dibandingkan dua rival terdekat dari tim Movistar Yamaha itu yaitu sejarak 52 dan 66 point.

Secara hitungan matematis, jika Marquez berhasil meraih gelar juara di Twin Ring Motegi pada pertengahan bulan ini, sementara Rossi finish di posisi ke-15 dan Lorenzo finish di posisi ke-4, maka selisih point pebalap Repsol Honda itu dari Rossi akan menjadi 75 point.

Dengan selisih keunggulan sebesar 75 point, maka menjadi hal yang nyaris mustahil menyaksikan Rossi bisa memenangkan 3 seri tersisa setelah Grand Prix Jepang.

Sehingga, bila scenario di atas terjadi, Marquez sudah dianggap sukses mengunci gelar juara dunia tahun ini, mengulang prestasi serupa pada dua tahun beruntun yaitu pada 2013 dan 2014.

Tentu saja kedua pebalap Movistar Yamaha tidak akan membiarkan scenario seperti itu sampai terjadi di Motegi.

Alih-alih, di  4 seri tersisa kini, baik Rossi maupun akan terus berusaha berjuang semaksimal mungkin hingga seri terakhir di Valencia. Hal ini tentu akan membuat persaingan kian menarik dan membuat para penggemar masing-masing pebalap menjadi harap-harap cemas.

Hal yang perlu diketahui pula, Marquez belum sekalipun sukses menggondol gelar juara kelas MotoGP di Grand Prix Jepang sejak debutnya pada 2013 silam. Sementara Rossi sudah satu windu puasa gelar di sirkuit yang dimiliki oleh tim Honda itu.

Berbeda dengan Rossi, Lorenzo dan rekan Marquez di tim Repsol Honda, Dani Pedrosa sama-sama telah meraih gelar juara di Motegi sebanyak tiga dimana tahun lalu, ‘the Samurai Baby’ berhasil menyisihkan Rossi dan Lorenzo untuk menjadi yang terdepan di Grand Prix Jepang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Tag: Marc Marquez, repsol honda, Valentino Rossi, Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, Twin Ring Motegi

12140  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini