Berita MotoGP: Rossi Sebut Perubahan Ban dan Elektronik pada MotoGP Championship 2016 Tidak Terlalu Berpengaruh

Penulis: Datuk Nofri
Sabtu 06 Agu 2016, 00:55 WIB
Berita MotoGP: Rossi Sebut Perubahan Ban dan Elektronik pada MotoGP Championship 2016 Tidak Terlalu Berpengaruh

Valentino Rossi bertekad untuk bangkit pada paruh kedua MotoGP Championship 2016

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - "Menurut saya, ban Michelin kini telah memperlihatkan kualitas yang lebih baik sehingga kami tidak perlu lagi melakukan perubahan terlalu banyak pada settingan motor kami dan tidak jauh berbeda dibanding ketika masih menggunakan ban Bridgestone." [Valentino Rossi]

Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi mengatakan bahwa perubahan ban dan perangkat elektronik yang digunakan pada musim MotoGP Championship 2016 hanya memberi dampak sedikit saja pada settingan motornya.

Perubahan penggunaan ban Michelin seiring perubahan supplier ban musim ini menggantikan Bridgstone, sedangkan perangkat elektronik sekarang ini dilakukan oleh vendor Magneti Marelli.

“Tahun lalu kami telah melakukan ujicoba sebanyak empat kali terhadap ban Michelin dan hasilnya kurang memuaskan dan kami merasa sedikit khawatir,”ujar ‘the Doctor’.

“Kami menjadi lebih lambat dan kami pun mengalami kecelakaan. Selain itu, kami merasa tidak ‘sreg’dengan performa ban depan,”lanjut Rossi.

“Yamaha telah mengembangkan motor yang sangat berbeda dibandingkan saat Bridgestone masih menjadi supplier MotoGP Championship dimana motor yang sekarang memiliki distribusi beban yang tidak lagi sama dan tanki yang terdapat di bagian belakang,”jelas pembalap berusia 37 tahun ini.

“Namun saya kira ban Michelin kini telah memperlihatkan kualitas yang lebih baik sehingga kami tidak perlu melakukan perubahan terlalu banyak pada settingan motor kami dan tidak jauh berbeda dibanding ketika masih menggunakan ban Bridgestone,”urai pembalap kelahiran Urbino Italia itu.

“Sedangkan untuk masalah elektronik, kami berharap adanya perubahan besar,”imbuh Rossi.

Dibandingkan dengan penampilannya pada musim lalu, penampilan Rossi kini jauh lebih kompetitif di sepanjang paruh musim pertama namun akibat tiga kali mengalami DNF, Rossi tertinggal 59 point dari pemuncak klasemen Marc Marquez.

Seperti diketahui, Rossi baru dua kali memperoleh gelar juara dalam sembilan seri grand prix yang telah diselesaikan yang kedua-duanya diraihnya di tanah Spanyol yaitu di Jerez dan Barcelona.

Tiga DNF Rossi terjadi di Austin, Mugello dan Assen. Namun untuk DNF yang terjadi di Mugello, sepenuhnya itu bukan kesalahan Rossi karena motor yang ditungganginya ketika itu mengalami kegagalan mesin.

Sedangkan di seri terakhir pada paruh musim ini yang berlangsung di Sachsenring, Rossi hanya mampu meraih posisi kedelapan akibat kesalahan strategi yang diterapkannya.

‘”Saya kini berada dalam posisi sulit akibat kegagalan saya meraih point maksimal seperti yang saya harapkan pada paruh musim pertama ini akibat kesalahan yang saya perbuat. Sehingga selisih point saya kini semakin jauh,”Rossi menyesali.

“Namun masih ada Sembilan seri lagi di paruh kedua ini, jadi waktunya masih panjang. Saya akan berjuang maksimal agar bisa lebih kompetitif lagi, dan setelah itu … kita lihat hasilnya nanti,”pungkas Rossi.

 

 

 

Artikel Tag: MotoGP 2017, Movistar Yamaha, Valentino Rossi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/berita-motogp-rossi-sebut-perubahan-ban-dan-elektronik-pada-motogp-championship-2016-tidak-terlalu-berpengaruh
2261  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini