Berita MotoGP: Preview GP Austria: Red Bull Ring akan Menjadi Ducatiland?

Penulis: Datuk Nofri
Minggu 07 Agu 2016, 00:46 WIB
Berita MotoGP: Preview GP Austria: Red Bull Ring akan Menjadi Ducatiland?

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso ketika berujicoba di Sirkuit Red Bull Ring pada Juli lalu

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Dalam test MotoGP terakhir yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring pada 19 dan 20 Juli, tim utama Ducati dan tim satelitnya mendominasi posisi 10 besar yang membuat khawatir Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dari tim Movistar Yamaha yang juga ikut ambil bagian dalam test tersebut.

Setelah sukses mendominasi Sirkuit Red Bull Ring pada bulan lalu dalam test tertutup yang berlangsung selama dua hari pasca Grand Prix Sachsenring, tim pabrikan asal Italia Ducati kini menatap Grand Prix Austria dengan rasa percaya diri tinggi.

Ducati pun digadang-gadang akan mengakhiri paceklik gelar sejak era Casey Stoner masih membela tim merah dari Bologna itu.

Dalam test MotoGP terakhir yang digelar pada 19 dan 20 Juli itu, tim utama Ducati dan tim satelitnya mendominasi posisi 10 besar yang membuat khawatir Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dari tim Movistar Yamaha yang juga ikut ambil bagian dalam test tersebut.

Baik Rossi maupun Lorenzo jauh tertinggal dibandingkan para pembalap Ducati dan menurut pengakuan keduanya, karakteristik lintasan Sirkuit Red Bull Ring sangat cocok untuk Ducati Desmosedici.

Sementara itu, tak lama setelah melakukan sesi test di hari kedua, pembalap Ducati, Andrea Iannone mengatakan bahwa bila Grand Prix Austria dilaksanakan sehari setelah test, maka ia sangat yakin timnya akan difavoritkan.

Iannone yang meraih waktu lap tercepat 1:23.240 detik pada hari kedua test tersebut pun selanjutnya mengatakan,”Saya benar-benar tidak menduga bahwa kami bisa tampil setangguh ini karena dibandingkan dengan lintasan-lintasan sirkuit lainnya, Red Bull Ring demikian pas bagi tim kami.”

Sementara rekan setimnya, Andrea Dovizioso yang berhasil mencatatkan dirinya di posisi terdepan pada hari pertama test dan hanya berselisih sepersekian detik dibawah Iannone di hari selanjutnya itu mengatakan,”Kami demikian cepat di sini. Dengan melakukan banyak akselerasi yang menggunakan ban belakang pertama dan kedua, kami bisa memaksimalkan kehandalan motor kami. Kami merasa sangat nyaman dengan ban Michelin di sirkuit ini.”

Sedangkan test rider Ducati, Michele Pirro, yang juga akan tampil di Grand Prix Austria pada pekan depan dengan menggunakan wild-card itu mengatakan alasan mengapa timnya bisa tampil sangat memuaskan di Red Bull Ring.

 “Layout trek yang panjangnya hanya berjarak 2.68 mil dan memiliki empat lintasan lurus serta sejumlah tikungan di sirkuit ini pas sekali dengan Desmosedici. Lintasannya tidak terlalu panjang dan kami tidak perlu memaksimalkan kecepatan kami di sini seperti yang kami lakukan di Qatar atau Mugello. Kecepatan maksimal kami hanya di 199 mph, namun kami masih bisa tampil cepat bahkan di saat kami berada di tikungan.”

Satu-satunya hal yang kurang memuaskan bagi tim Ducati pada sesi test dua hari itu adalah soal ban Michelin karena pada hari pertama test, ban Michelin hanya bisa digunakan tidak lebih dari 10 lap. Namun pada hari kedua dengan perubahan settingan motor Ducati, performa ban Michelin sangat memuaskan.

Test tersebut juga sangat memberi manfaat bagi produsen ban Prancis tersebut untuk memproduksi ban yang pas pada Grand Prix Austria nanti.

Jadi jika Michelin nantinya bisa menghadirkan ban yang pas, maka peluang Ducati untuk memecah telur sejak era Stoner akan bisa terwujud di Red Bull Ring pada akhir pekan depan.  

“Sebenarnya pada beberapa seri paruh musim pertama lalu, Ducati nyaris berhasil meraih gelar juara seperti di Qatar dan Mugello,”lanjut Pirro.

“Kini kami sangat berpeluang meraih hasil yang kami harapkan di Red Bull Ring nanti karena kami mencatat sukses saat test. Saya bahkan mampu menyelesaikan 15 lap dengan kecepatan seperti pada sesi-sesi free practice menjelang main-race,”jelas Pirro.

 

 

 

 

Artikel Tag: MotoGP 2017, Red Bull Ring, Grand Prix Austria, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Michele Pirro, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/berita-motogp-preview-gp-austria-red-bull-ring-akan-menjadi-ducatiland
1990  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini