Berita MotoGP: Peluang Marquez Menjadi Juara Dunia Semakin Besar, Lorenzo dan Rossi Kirim Peringatan

Penulis: Datuk Nofri
Jumat 19 Agu 2016, 05:33 WIB
Berita MotoGP: Peluang Marquez Menjadi Juara Dunia Semakin Besar, Lorenzo dan Rossi Kirim Peringatan

Tiga pembalap teratas di klasemen, Marquez, Lorenzo dan Rossi

Ligaolahraga.com -

Ligaolahraga - Berita MotoGP: Peluang Marc Marquez untuk menjadi juara dunia MotoGP musim 2016 semakin besar, namun para pesaingnya seperti Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi mengingatkan bahwa keunggulan Marquez itu bukan jaminan.

Pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo meyakini duo Ducati dan pembalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales masih memungkinkan untuk menciptakan perbedaan dalam posisi di klasemen MotoGP World Champonship 2016.

Menurut Lorenzo, membaiknya penampilan Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso dari tim Ducati berpotensi bisa merubah posisi klasemen dengan cepat. Demikian juga dengan Vinales yang sesekali mampu masuk posisi terdepan.

Lorenzo mengatakan pandangannya menanggapi pernyataan Marc Marquez sebagai pimpinan klasemen sementara,  dimana ia mengatakan bahwa ia setidaknya harus bisa meraih dua gelar grand prix lagi di sisa musim ini atau harus selalu meraih posisi podium 2 di delapan seri grand prix tersisa untuk bisa mengunci gelar juara dunia tahun ini.

Marquez kini juga mencemaskan membaiknya penampilan Duo Ducati yang baru saja berhasil meraih posisi 1 dan 2 di Austria.

Namun Marquez juga melihat kebangkitan tim Ducati sebagai sebuah keuntungan tersendiri baginya karena hal itu bisa membuat dua pesaing terdekatnya dari tim Yamaha bisa kehilangan banyak point, asalkan ia sendiri bisa konsisten menyelesaikan balapan di barisan terdepan.

Seperti diketahui, pada Grand Prix Austria beberapa hari lalu, duo Ducati berhasil mengalahkan duo Yamaha sehingga Lorenzo hanya berhasil meraup 16 point sedangkan rekannya Valentino Rossi hanya berhasil meraih 13 point dengan finish di posisi keempat.

Marquez sendiri berhasil memperoleh tambahan 11 point sehingga selisih keunggulan Marquez dari Lorenzo masih cukup lebar yaitu sebanyak 43 point.

Seandainya Lorenzo berhasil meraih tambahan 25 point dan Rossi memperoleh tambahan 20 point di Austria kemarin dan Marquez memperoleh posisi kelima dengan tambahan 11 point, maka selisih point Marquez dari Lorenzo menjadi semakin tipis dimana Lorenzo memperoleh 148 point, Rossi 131 point dan Marquez 181 point dengan menyisakan delapan seri lagi.

Itu bila Duo Ducati hanya menempati posisi ketiga dan keempat di Austria kemarin. Faktanya, Lorenzo hanya meraih posisi ketiga dengan tambahan 16 point sehingga pointnya kini baru berjumlah 138 point.

Dengan melihat hitungan-hitungan tersebut, maka pernyataan Marquez yang mengatakan bahwa ia menjadi terbantu dengan kebangkitan tim Ducati bisa dimengerti, asalkan ia sendiri bisa konsisten finish di barisan depan di setiap grand prix yang tersisa. 

Jadi peta persaingan kini semakin seru dengan masuknya Ducati dalam persaingan yang selama ini hanya terjadi diantara Yamaha dan Honda.     

Namun Lorenzo juga mengingatkan Marquez bahwa keunggulan 43 point darinya kini masih belum aman kecuali Marquez bisa meraih posisi podium hingga akhir musim, bahkan menurut Lorenzo pula, Marquez harus berusaha untuk memenangkan gelar sebanyak mungkin, jadi bukan hanya minimal dua gelar sebagaimana yang disebut Marquez.

“Marquez kini memang unggul 43 point tetapi kini para pembalap yang berada di posisi keenam atau bahkan di posisi ketujuh pun masih bisa menciptakan perubahan pada klasemen karena mereka bisa meraih banyak point dalam beberapa kali balapan saja,” Lorenzo mengingatkan.

“Maka sangat penting untuk meraih hasil maksimum di setiap grand prix, jadi harus selalu mendapatkan podium hingga akhir musim. Bahkan jika Marquez telah unggul sebanyak 43 point pun, Marquez harus tetap berusaha untuk bisa memenangkan sebanyak mungkin gelar juara,”Lorenzo menambahkan.

Rekan satu tim Lorenzo, Valentino Rossi, yang kini menempati posisi ketiga klasemen, terpaut 57 point dari Marquez sepakat dengan pernyataan Lorenzo.

Selain itu, Rossi mengatakan bahwa ia kini harus berjuang ekstra keras agar peluangnya dalam perebutan gelar juara dunia tetap terbuka.

“Perjalanan masih panjang karena masih ada delapan seri tersisa dan kini setidaknya ada tujuh pembalap masih berpeluang untuk meraih gelar juara dunia,” ujar pembalap Italia itu.

“Semuanya tergantung dari hasil di setiap grand prix dimana kita harus selalu berusaha kompetitif dan meraih posisi terdepan, serta meraih point maksimal karena sedari sekarang, persaingan bakal berlangsung semakin sengit,” Rossi menandaskan.

 

Artikel Tag: MotoGP 2017, repsol honda, Marc Marquez, Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/berita-motogp-peluang-marquez-menjadi-juara-dunia-semakin-besar-lorenzo-dan-rossi-kirim-peringatan
5779  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini