Banyak Rider yang Lakukan Towing di Kualifikasi, Alex Rins Geram

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 10 Apr 2022, 20:35 WIB
Alex Rins

Alex Rins

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Alex Rins meluapkan kekesalannya kepada sesama rider MotoGP karena beberapa dari mereka sengaja melambat untuk mendapatkan slipstream di kualifikasi MotoGP AS.

Usai gagal menorehkan catatan waktu terbaik akibat situasi yellow flag di FP3, Alex Rins terpaksa bertarung dari sesi kualifikasi putaran pertama. Ini merupakan pengalaman perdananya di MotoGP 2022.

Berkat kecepatan motor Suzuki GSX-RR yang terus membaik, pria Spanyol tersebut berhasil melangkah ke Q2 dan mengamankan posisi ketujuh. Catatan waktunya terpaut 0,655 detik dari Jorge Martin, sang pemimpin kualifikasi.

Pilihan ban dinilai sebagai kunci kesuksesan Rins mendekat rombongan pebalap Ducati yang menguasai lima besar.

“Kami menampilkan performa apik, tapi tadi seperti roller coaster. Saya tidak bisa langsung ke Q2 karena bendera kuning. Pada akhirnya, bagus saya bisa finis P7. Ini bukan hasil yang kami tunggu tapi kami punya pace bagus untuk besok,” ujarnya dikutip dari Motorsport.com.

“Kami akan mencoba memberikan 100 persen dan menyalip mereka. Ban belakang lunak merupakan opsi bagus,” imbuh rekan setim Joan Mir itu.

Alex Rins lalu memprediksi dirinya akan kesulitan memecah rombongan Ducati karena mereka punya motor yang bertenaga besar.

“Para pebalap Ducati mengerem sangat keras dalam zona pengereman. Motor mereka sangat kuat di trek lurus. Tak mudah menyalip mereka. Kami akan mencoba mungkin di tikungan. Kami percaya diri,” ia menerangkan.

Di sisi lain, Rins mengaku kesal dengan tingkah laku beberapa pebalap MotoGP yang melakukan towing di sesi kualifikasi. Meski merugikan, aksi tersebut tak dijatuhi hukuman apapun.

“Sulit diterima para pebalap melambat. Apa yang dilihat dalam kualifikasi dan FP3 sulit diterima. Orang menunggu. Pebalap Moto3 bahkan tak menunggu sebanyak itu,” ia mengungkapkan.

“Saya kira para pebalap MotoGP tidak kena sanksi karena kami yang paling tua. Saya tidak tahu.”

“Kami paling tua, mestinya harus memberi contoh. Ada beberapa pebalap yang mengerem mendadak. Mereka harus melakukan sesuatu dengan itu. Saya tidak tahu apakah harus memberi perintah, beri jarak lima menit dari kami dan pelanggar dapat diberi hukuman dengan jelas,” ucap Rins.

Aksi para pebalap yang sengaja melambat motornya itu pernah dikeluhkan pada pertemuan di antara mereka.

“Masing-masing pertemuan komisi keselamatan, sudah kami bahas dan keluhkan, tapi tak pernah terjadi. Kami adalah pebalap MotoGP bukannya Moto3,” ia menandaskan.

Artikel Tag: Alex Rins, Suzuki, MotoGP 2022, MotoGP Amerika Serikat

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/banyak-rider-yang-lakukan-towing-di-kualifikasi-alex-rins-geram
813  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini