Aprilia Berencana Jadi Tim Pabrikan Sepenuhnya di MotoGP 2022

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 17 Jan 2020, 23:50 WIB
Aprilia Berencana Jadi Tim Pabrikan Sepenuhnya di MotoGP 2022

Aleix Espargaro, Aprilia Racing.

Berita MotoGP: Manajer Aprilia Racing Team Gresini, Fausto Gresini, mengungkapkan bahwa Aprilia Racing bertekad untuk turun sebagai tim pabrikan seutuhnya di MotoGP 2022 mendatang.

Aprilia tercatat kembali turun di MotoGP sejak 2015 lalu, mereka bergabung ddengan Gresini Racing dan tercatat sebagai tim independen. Langkah ini dilakukan karena Aprilia, yang tak sebesar pabrikan-pabrikan Jepang, membutuhkan sumber daya yang berpengalaman dalam mengelola sebuah tim balap di MotoGP.

"Aprilia bertanggung jawab soal motor, dan saya mengurus manajemen tim. Jadi saya mengurus logistik, mekanik, dan hospitality. Ini membuat Aprilia lebih fokus pada proyek MotoGP mereka. Tapi kami adalah satu kesatuan, seperti pabrikan lainnya, tak ada yang kurang," ujar Fausto Gresini dalam wawancaranya dengan GPOne..

Kontrak kerja sama antara Aprilia dan Gresini pun bakal habis pada akhir 2021 mendatang, dan Gresini sendiri mengaku tak bakal terkejut jika kolaborasi ini takkan berlanjut pada 2022.

"Kontrak Gresini dengan Aprilia akan habis pada akhir 2021, karena ekspektasinya pada 2022 adalah mereka akan menurunkan tim mereka sendiri di MotoGP," ungkap Gresini, yang juga dua kali menjadi juara dunia GP125.

Pun demikian, Gresini tak menutup kemungkinan bakal melanjutkan kolaborasi dengan Aprilia dengan bentuk lain, yakni sebagai tim satelit.

"Saya bisa saja melanjutkan kerja sama dengan mereka sebagai tim satelit, seperti yang terjadi di pabrikan lainnya. Saya juga bisa ambil jalan lain. Kami masih harus berdiskusi dan membicarakannya," tandasnya.

Tim Gresini sendiri turun di GP500/MotoGP sejak 1997, dan menjadi tim satelit Honda sampai tahun 2014. Sementara Aprilia terakhir kali turun di MotoGP sebagai tim pabrikan pada 2004 lalu.

Artikel Tag: aprilia, motogp 2020

2461  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini