Andrea Dovizioso Tetap Santai Meski Hanya Dibekali Motor Butut

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 19 Okt 2021, 00:40 WIB
Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Andrea Dovizioso mengungkapkan alasan mengapa dirinya tetap tenang meski hanya diberi motor YZR-M1 spek lama oleh tim satelit Yamaha, Petronas SRT.

Andrea Dovizioso akhirnya kembali ke ajang MotoGP dengan membela tim satelit Yamaha, Petronas SRT. Rider asal Italia itu menggantikan posisi Franco Morbidelli yang dipromosikan ke tim pabrikan, Monster Energy Yamaha.

Mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Morbidelli, Dovizioso pun harus legawa karena mewarisi motor lama yang dipakai pebalap jebolan VR46 Academy itu pada musim ini.

Perlu diketahui, musim ini Morbidelli menggeber motor Yamaha YZR-M1 A-spec, atau motor Yamaha musim 2019.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa dalam urusan dapur pacu, kecepatan maksimum motor milik Franco Morbidelli paling lambat jika dibandingkan dengan motor para rivalnya pada musim ini.

Hal tersebut membuat comeback Dovizioso di MotoGP tidak berjalan mulus. Ia bahkan finis di posisi paling buncit pada seri MotoGP San Marino. Catatan waktunya pun terpaut 42 detik dari sang pemenang perlombaan, Francesco Bagnaia.

Meski demikian, Dovizioso mengaku sama sekali tidak merasa tertekan. Karena Yamaha sudah berjanji untuk memberikannya motor pabrikan pada musim depan, rider berusia 35 tahun itu memandang penampilannya di sisa musim 2021 sebagai proses adaptasi saja.

Andrea Dovizioso menunjukkan penampilan positif ketika finis ke-13 pada balapan terakhir, MotoGP Americas.

"Saya belum pernah mengendarai Yamaha sejak 2012. Saya tahu motornya sudah banyak berubah sejak saat itu," kata Dovizioso kepada Speedweek.

"Namun itu tak membuat saya khawatir di Misano, karena secara pribadi perubahan saya lebih besar daripada motornya sejak saat itu,” imbuhnya.

"Bagi saya balapan tahun ini adalah mencoba berbagai hal. Tahun depan saya akan memiliki motor pabrikan,” ia melanjutkan.

"Saya tahu sejak sebelum kembali berlomba bahwa motor Yamaha yang saya pakai spesifikasinya di atas kertas lebih lambat dari motor pabrikan,” tutur Dovizioso.

"Itulah sebabnya saya sudah berpikir ketika kembali, ini tidak akan mudah. Saya juga sudah menekankan bahwa pada awalnya hasil tidak penting,” ia menambahkan.

"Saya harus membiasakan diri dengan posisi di atas motor, karena motornya berbeda dengan yang saya gunakan sebelumnya," sambungnya.

Fakta bahwa ia sama sekali tak punya peluang untuk merebut titel juara dunia pada musim ini juga membuat Dovizioso lebih rileks.

"Saya sedikit lebih rileks karena tekanan dari persaingan perebutan gelar juara telah hilang," ucapnya.

"Ketika Anda tidak bersaing di kejuaraan, Anda lebih rileks, 100 persen. Pacar saya menyadari hal itu," ia mengakhiri.

Artikel Tag: Andrea Dovizioso, yamaha, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/andrea-dovizioso-tetap-santai-meski-hanya-dibekali-motor-butut
721  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini