Andrea Dovizioso Gabung, Honda Bisa Turunkan Tiga Pebalap Sekaligus

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 24 Des 2020, 16:55 WIB
Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso dan Marc Marquez

Berita MotoGP: Tim Repsol Honda dikabarkan bakal mengeplot tiga pebalap sekaligus untuk tim pabrikan mereka di musim MotoGP 2021 mendatang. Salah satunya adalah Andrea Dovizioso yang diproyeksikan sebagai pengganti Marc Marquez.

Cedera parah berkepanjangan yang dialami oleh Marc Marquez membuat tim Repsol Honda dibuat pusing lantaran harus memikirkan pebalap yang tepat untuk menggantikan posisinya.

Marquez sendiri hingga saat ini masih berjuang untuk memulihkan cedera patah tulang pada bagian lengan kanannya. Ia didiagnosa mengalami pseudoarthosis sehingga tulang humerusnya sulit menyatu. Operasi ketiga pun telah dilakoni The Baby Alien pada awal Desember ini, dan diperkirakan ia harus absen selama enam bulan kedepan.

Rider berjuluk The Baby Alien itu sendiri telah menyatakan bahwa dia tak mau mengulangi kesalahan untuk kembali ke lintasan ketika fisiknya tidak siap 100 persen.

Sementara Honda sebenarnya bisa kembali menurunkan pembalap penguji, Stefan Bradl, sebagai pengganti layaknya pada MotoGP 2020. Akan tetapi, jika Marc Marquez absen lebih lama, bukan tidak mungkin mereka akan merekrut rider yang bisa bersaing di grup terdepan.

Bradl sendiri juga harus fokus menjalani program pengujian motor Honda yang sejatinya menjadi tugas utamanya. Kini Honda pun punya opsi untuk mendatangkan Andrea Dovizioso yang saat ini menganggur lantaran tak memiliki ikatan kontrak dengan tim manapun

Jurnalis Sky Sport, Antonio Boselli, menulis hipotesisnya bahwa Honda kemungkinan besar telah opsi alternatif untuk menurunkan tiga pembalap pada musim depan. Dovizioso disebut sebagai calon rekan setim Marc Marquez dan Pol Espargaro.

Satu-satunya masalah adalah wacana tersebut berbenturan dengan regulasi yang sudah ada. Setiap pabrikan hanya boleh menurunkan dua pebalap di tim utama.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, juga telah mendorong agar setiap tim memiliki dua pebalap dalam beberapa tahun belakangan. Hanya daya tawar akan kompetisi yang lebih meriah mungkin bisa membuat kedua belah pihak menemukan jalan tengah.

Keputusan Dovizioso untuk hiatus dari MotoGP 2021 pun sebenarnya disayangkan oleh banyak pihak, dengan kembalinya sosok berjuluk El Professor itu setidaknya bisa membantu MotoGP untuk menambah daya tarik kompetisi mereka di tengah kondisi sulit akibat pandemi.

Artikel Tag: Andrea Dovizioso, repsol honda

14578  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini