Andrea Dovizioso Akui Kini Bisa Tampil Lebih Agresif

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 10 Okt 2021, 22:50 WIB
Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Meski sempat mengalami kesulitan saat pertama kali menggeber motor Yamaha YZR-M1, Andrea Dovizioso mengaku kini bisa tampil cepat dan lebih agresif.

Andrea Dovizioso tanpa pikir panjang memutuskan untuk mengakhiri hiatusnya dari ajang MotoGP yang sudah berlangsung selama 10 bulan. Ia menerima tawaran dari Petronas SRT untuk menggantikan posisi Franco Morbidelli.

Rider asal Italia itu menilai program yang ditawarkan oleh tim Malaysia tersebut lebih menarik ketimbang yang diberikan oleh Aprilia Racing. Padahal, tim asal Noale, Italia, itu telah memberikan kesempatan padanya untuk melakoni uji coba motor selama beberapa kali.

“Saya selalu punya ide jelas, tepat atau salah. Untuk kembali ke MotoGP, saya hanya menerima dengan kondisi tertentu. Pintu terbuka dengan bantuan sponsor utama tahun depan,” ujar Dovizioso dikutip dari motosprint.corrieredellosport.it.

“Ketika pintu kembali ke MotoGP terbuka, saya tidak bisa bilang tidak. Itu yang ada di benak saya, kami akan mengetahui apakah saya akan bersenang-senang dan mencatatkan hasil,” imbuhnya.

“Pada dasarnya, saya seorang yang suka punya program, kalau tidak, saya tidak baik-baik saja. Saya harus punya satu tujuan dan hidup dengan itu. Dalam 10 bulan, saya mengikuti balapan dan menjalani latihan, tapi saya lalu bertanya pada diri sendiri, ‘apa target saya?’,” ia menjelaskan.

Selain program yang jauh lebih meyakinkan, alasan lain Andrea Dovizioso turun gunung yakni merindukan adrenalin yang mengalir saat terlibat persaingan di lintasan.

“Tak ada apa pun yang bisa dilakukan, ketika Anda berada di lintasan di tengah 20 pebalap top. Itu sangat keren, menciptakan adrenaline. Anda merasa beruntung menjadi seorang pebalap. Lalu, setelah beberapa waktu, semua hal ini menghilang karena performa, hasil, selalu mendominasi,” tutur rekan setim Valentino Rossi itu.

Pebalap berusia 35 tahun itu berganti motor dari Ducati yang sudah dikendarai selama delapan tahun lamanya, menjadi motor Yamaha YZR-M1. Tentu saja hal tersebut tidaklah mudah dan perlu berbagai penyesuaian karena kedua motor itu punya karakter berbeda.

“Saya mengendarai M1 seperti yang saya lakukan dengan Ducati. Itu alasan kenapa saya harus jadi yang beradaptasi dengan motor, bukan sebaliknya,” katanya.

“Untuk memberi jawaban lebih dalam, masih terlalu dini. Tapi, tentu saja itu sebuah lompatan besar, meski sulit untuk diukur. Saya masih ingat musim 2012, jadi tidak sepenuhnya baru, tapi pasti ada bedanya, dengan trek dan kondisi sama,” ia menambahkan.

“Saya harus mengubah lintasan untuk mendapat yang terbaik dari M1. Saya harus mendesain ulang peta yang sangat personal. Saya tahu motor ini akan tetap seperti itu hingga akhir musim dan saya tidak bisa membandingkan dengan pebalap Yamaha lain karena mereka mengendarai M1 berbeda. Saya tahu apa yang harus saya kerjakan untuk menuntaskan adaptasi,” lanjutnya.

“Saya punya feeling bagus dengan sasis. Saya bisa mengendarai dengan lebih agresif dalam pengereman dan ketika masuk tikungan. Sungguh menyenangkan ketika mendorong, Anda punya marjin,” tutup Dovizioso.

Artikel Tag: Andrea Dovizioso, yamaha, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/andrea-dovizioso-akui-kini-bisa-tampil-lebih-agresif
633  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini