Alex Marquez dan Nakagami Gemilang, Honda Akui Ubah Arah Pengembangan Motor

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 30 Okt 2020, 22:10 WIB
Alex Marquez,

Alex Marquez meraih podium kedua di MotoGP Prancis 2020

Berita MotoGP: Honda akui ubah pola pikir dalam pengembangan motor RC213V, yang akhirnya berbuah manis di mana Takaaki Nakagami dan Alex Marquez mampu tampil gemilang dalam beberapa balapan terakhir.

Honda musim ini mengalami keterpurukan usai ditinggal absen oleh Marc Marquez. Mereka bahkan hanya bertumpu kepada pebalap tim satelit, Takaaki Nakagami yang hanya bisa meraih finis di urutan enam besar.

Namun dalam beberapa balapan lalu, Nakagami mampu menunjukkan konsistensi yang mengesankan dengan meraih pole position pertamanya dalam balapan MotoGP Teruel. Akan tetapi semua upayanya akhir pekan lalu di Aragon gagal usai terjatuh di lap pertama.

Selain Nakagami, pebalap tim pabrikan Repsol Honda, Alex Marquez, juga mampu bangkit dengan membawa motor Honda bersaing di jajaran terdepan dalam tiga seri balap terakhir ini.

Ia bahkan sukses meraih podium kedua beruntun di MotoGP Aragon dan MotoGP Prancis.

Manajer teknis Honda Racing Corporation (HRC) Takeo Yokoyama mengaku tak terkejut dengan kecepatan yang ditunjukkan oleh para pebalapnya. Sebab pihaknya telah berusaha memperbaiki segala kekurangannya sejak terpuruk usai ditinggal Marc Marquez yang absen karena mengalami cedera patah lengan.

"Pada balapan pertama di Jerez, penampilan Nakagami kurang baik. Ia hanya finis di urutan 10 besar," ucap Yokoyama.

Yokoyama lantas mengungkapkan bahwa ada perubahan besar soal mindset tim pabrikan asal Jepang tersebut. Mereka melakukan perubahan dengan membuat motor yang lebih mudah dikendarai oleh seluruh ridernya.  Sebagaimana diketahui, motor Honda RC213V memang dikenal hanya bisa ditaklukkan oleh Marquez seorang.

"Ketika Honda memiliki juara yang luar biasa, filosofi kami adalah menyesuaikan motor lebih banyak dengan mereka," ungkapnya.

"Jika saya membayangkan Marc tidak cedera pada awal musim, mungkin saya bisa membayangkan motor hari ini tak akan sama."

"Kami mengikuti umpan balik dari para pebalap yang ada Cal (Cruthclow), Taka, dan Alex (Marquez) dan kami tidak pernah bermaksud untuk meninggalkan apa yang disarankan Marc, tapi mungkin secara tidak sadar kami telah melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda," pungkasnya.

Artikel Tag: Alex Marquez, Takaaki Nakagami

1983  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini