Aleix Espargaro Tak Puas dengan Hasil Hari Pertama MotoGP Thailand

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 30 Sep 2022, 21:55 WIB
Aleix Espargaro

Aleix Espargaro

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Aleix Espargaro mengakui motor Aprilia RS-GP miliknya berulang kali mengalami selip ketika melakoni sesi latihan bebas pertama dan kedua MotoGP Thailand.

Aleix Espargaro memilah-milah masalah yang dihadapinya di hari pertama MotoGP Thailand. Pria asal Spanyol tersebut menduduki P13 waktu kombinasi dari dua sesi latihan bebas.

Pada FP1, ia hanya membukukan waktu lap 1 menit 31,087 detik untuk berada di urutan ke-16. Sedangkan di FP2, kuda besi Aprilia RS-GP geberannya mencatatkan waktu 1 menit 30,892 detik untuk finis ketujuh.

Waktu terbaik Espargaro yang dibuat di latihan bebas kedua terpaut hingga 0,611 detik dari Johann Zarco, rider tercepat di kedua sesi.

Seusai merampungkan hari pertama di Buriram, pria berusia 33 tahun itu mengakui dirinya lambat pada FP1, tetapi kemudian melesat di FP2.

Aleix Espargaro menjelaskan bahwa hal itu disebabkan karena ia berulang kali mengalami selip.

“Motor sulit sekali untuk melesat. Di trek lurus, motor mulai selip sangat parah. Saya tidak marah karena merasa sudah berusaha mengendalikan motor dengan benar. Namun saya seharusnya bisa lebih cepat,” kata Espargaro dikutip dari Motorsport.com.

“Saya agak frustrasi karena kehilangan waktu setiap kali berakselerasi karena motor bergerak ke kiri-kanan sangat parah,” imbuhnya.

“Maverick Vinales juga memiliki masalah yang sama dengan saya. Padahal setiap turun di Thailand, ia selalu mampu finis di podium. Saya tidak tahu penyebab ini semua karena apa. Tetapi saya berharap kami bisa melakukan perubahan signifikan besok,” ia menjelaskan.

Aleix Espargaro lalu menuturkan bila pada MotoGP Thailand 2019, ia mampu melibas Tikungan 3 Sirkuit Chang dengan posisi gigi pertama. Saat itu, tidak ada pebalap MotoGP lain yang bisa melakukannya.

“Kini, kami melakukannya di gigi kedua, seperti pebalap lain. Di sesi pagi, saya melibas Tikungan 4 dengan gigi keempat tetapi motor tidak melesat,” ucap Espargaro.

“Baiocco (Matteo Baiocco, analis trek Aprilia) memberi tahu bila tidak ada yang melakukannya (melibas T4) dengan gigi keempat. Kami lantas membuat perubahan dan bisa melewatinya dengan gigi ketiga,” tambahnya.

Espargaro mengatakan Aprilia memulai seri MotoGP Thailand dengan tertinggal jauh dari para rivalnya. Pabrikan asal Noale tersebut sudah melakukan banyak ubahan, tetapi hasilnya masih jauh dari harapan.

“Saya berharap besok kami bisa bekerja di lintasan kering dan mampu lebih mendekati pebalap terbaik. Ada delapan Ducati di 10 besar (waktu kombinasi). Saya kira hanya Marc Marquez (Repsol Honda) yang mampu di depan saya dan satu-satunya pebalap non-Ducati. Jadi, ini pasti akan sulit,” tutup Espargaro.

Artikel Tag: Aleix Espargaro, aprilia, MotoGP 2022, MotoGP Thailand

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/aleix-espargaro-tak-puas-dengan-hasil-hari-pertama-motogp-thailand
623  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini