Alasan Petronas Yamaha SRT Yakin Rekrut Valentino Rossi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 12 Feb 2021, 22:45 WIB
Valentino Rossi

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Kepala Tim Petronas Yamaha SRT, Razlan Razali, angkat bicara soal alasan di balik perekrutan Valentino Rossi. Menurutnya, sosok rider berusia 42 tahun tersebut bakal membuat timnya lebih stabil berbekal segudang pengalamannya.

Valentino Rossi musim ini akan menjalani babak baru dengan memperkuat tim satelit, Petronas Yamaha SRT, setelah 15 tahun membela tim pabrikan Yamaha. Ia telah menandatangani kontrak berdurasi satu tahun dengan tim satelit Yamaha tersebut.

Tim Petronas Yamaha SRT sendiri tak bisa dianggap remeh. Meskipun tim ini baru seumur jagung, skuat asal Sepang ini sudah mampu bersaing di barisan terdepan melawan tim-tim pabrikan lainnya.

Sejak debut di MotoGP pada dua musim lalu, Petronas SRT punya filosofi mengembangkan tim bersama pebalap muda. Fabio Quartararo yang musim lalu bersinar adalah salah satu produk sukses tim ini.  Namun, di MotoGP 2021 agak sedikit berbeda lantaran mereka merekrut Valentino Rossi yang tahun ini berusia 42 tahun.

Petronas SRT menjatuhkan pilihan pada Rossi yang berstatus legenda hidup MotoGP. Pemilik sembilan gelar juara dunia itu diharapkan tampil apik untuk Petronas SRT pada musim depan.

"Menaungi Vale adalah proporsi menarik, tetapi dia tetap harus dievaluasi berdasarkan musim balap yang normal. Akan tetapi, karena musim 2020 tak normal, penting bagi tim kami untuk punya stabilitas pada 2021,” ujar Razali seperti dikutup GPOne.

Kami bisa saja menggaet pebalap Moto2, tetapi ini juga berarti kami tak tahu seberapa baik mereka akan tampil. Jadi, memang berisiko," tutur Razali.

"Kami ambil keputusan untuk memillih Vale karena ia sudah memahami motornya. Dia bisa memberikan stabilitas dan performa apik pada tim kami," ujarnya.

Ada risiko di balik keputusan Petronas SRT merekrut Valentino Rossi. Performa The Doctor tengah menurun dalam beberapa musim terakhir sehingga Petronas SRT harus bekerja keras untuk membantunya agar bisa tampil apik di MotoGP 2021.

"Namun, sebuah tantangan juga untuk melihat Vale bisa kembali ke versi terbaiknya bersama kami. Kami tak cemas dalam mengambil tantangan itu. Meski begitu, gagasan kami adalah selalu menggaet talenta baru dan mengembangkannya untuk tim kami dan untuk Yamaha," tukasnya.

Artikel Tag: Valentino Rossi, Petronas Yamaha SRT

683  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini