Alasan Dibalik Suzuki Tak Jadi Turunkan Tim Satelit

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 17 Feb 2020, 22:40 WIB
Alasan Dibalik Suzuki Tak Jadi Turunkan Tim Satelit

Duo Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins.

Berita MotoGP: Tim Suzuki Ecstar kembali menunda rencana untuk menurunkan tim satelit di MotoGP dalam waktu dekat. Hal itu diungkapkan oleh bos tim Suzuki, Davide Brivio.

Suzuki memang baru saja comeback ke MotoGP pada musim 2015 lalu. Mereka sejatinya telah berencana untuk membentuk tim satelit sejak 2017, meskipun hingga saat ini belum tercapat.

Brivio sendiri mengungkapkan bahwa keputusan ini sangat tergantung pada para pimpinan di Hamamatsu, Jepang. Mantan manajer tim Yamaha Factory Racing ini, menyatakan bahwa para pimpinannya masih akan menunggu sampai akhir 2021, di mana kontrak terkini mereka dengan Dorna Sports berakhir.

"Kami sudah membicarakan soal tim satelit sejak lama, tapi kami akan menundanya lagi. Rencana Suzuki adalah menunggu 2022, di mana kontrak baru dengan Dorna dimulai," ungkap Brivio seperti dilansir dari laman Motorsport.

Pria asal Italia itu mengaku belum ada langkah nyata untuk mewujudkan tim satelit Suzuki, namun yang jelas mereka akan bekerja sama dengan salah satu tim satelit yang sudah ada di MotoGP sekarang.

"Kami belum mempersiapkan diri, karena kami harus lebih dulu dapat kesepakatan dengan salah satu tim yang sudah punya tempat di grid," ungkap Brivio.

MotoGP saat ini terdiri dari enam konstruktor dan 11 tim peserta, yang terdiri dari lima tim pabrikan, lima tim satelit, dan satu tim semi-pabrikan, yakni Aprilia Racing Team Gresini.

Sebenarnya, MotoGP punya slot untuk satu tim lagi, namun slot ini sudah dipesan lebih dulu oleh Aprilia, yang rencananya akan menurunkan tim pabrikan secara penuh pada 2022, dan Gresini Racing sebagai tim satelitnya.

"Aprilia saat ini balapan di MotoGP menggunakan slot Gresini, tapi pada 2022 nanti, mereka akan turun sebagai tim pabrikan dan punya tim sendiri," ungkap Bos Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta.

"Kami yakin grid MotoGP bakal ideal dengan 24 rider pada 2022-2026. Kami suka struktur ini dan idealnya memang ada enam tim pabrikan dan enam tim satelit. Tapi kami tak mau memaksa para konstruktor punya tim satelit," pungkasnya.

Artikel Tag: Suzuki, motogp 2020

2002  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini