banner babe

Williams: Hak Veto Ferrari di Formula 1 Tak Masuk Akal

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 24 Mei 2019, 23:10 WIB
Williams: Hak Veto Ferrari di Formula 1 Tak Masuk Akal

Claire Williams selaku pemilik Tim Williams F1.

Berita F1: Claire Williams menyebut hak veto yang dimiliki Ferrari adalah hal yang bodoh dan tidak masuk akal di ajang balap Formula 1.

Dalam mengambil keputusan, F1 kerap melibatkan proses demokrasi. Namun sudah sejak lama, Ferrari memiliki kemampuan untuk memblokir regulasi yang dianggap dapat merugikan pihakny.

Pada Grand Prix sebelumnya di Spanyol, team principal Ferrari, Mattia Binotto, mengaku optimistis bisa menjaga hak veto timnya di tengah pembahasan regulasi anyar untuk F1 2021. Binotto menjelaskan, hak veto yang dimiliki Ferrari tidak hanya untuk melindungi timnya, tetapi juga untuk melindungi semua tim. Akan tetapi, pernyataan tersebut justru ditolak oleh sejumlah tim rival. Kegeraman tim rival salah satunya diungkapkan oleh wakil team principal Claire Williams.

"Tidak, menurut saya itu bodoh jika saya boleh jujur. Saya berpikir olahraga ini bermasalah karena terlalu demokratis. Saya selalu terbuka soal itu.”

"Saya merasa F1 dan FIA harusnya lebih memegang kendali dalam pembahasan regulasi. Karena selama ini kami (tim-tim F1) secara kolegial meminta terlalu banyak, dan itu menjadi hal yang buruk karena kami punya agenda masing-masing.”

"Kita perlu memikirkan cara untuk membuat olahraga ini tetap berkelanjutan dalam jangka panjang. Sehingga kita dapat menjaga olahraga ini, dan melestarikan DNA-nya. Melakukan semua itu lewat sebuah komite akan sangat sulit. Jadi menurut saya, tidak boleh ada tim yang memiliki hak veto. Karena itu sama sekali tidak masuk akal."

Hal senada juga diungkapkan bos Red Bull, Christian Horner, yang menyebut hak veto Ferrari adalah sesuatu yang kuno.

Sementara bos F1 Renault, Cyril Abiteboul, dan CEO F1 McLaren, Zak Brown, yakin ada alternatif lain untuk menghormati sejarah keikutsertaan Ferrari di Formula 1.

Artikel Tag: Ferrari, f1 2019, williams

1129  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini