Villeneuve: Ricciardo Lebih Layak Dipenalti Ketimbang Vettel

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 13 Jun 2019, 21:00 WIB
Villeneuve: Ricciardo Lebih Layak Dipenalti Ketimbang Vettel

Jacques Villeneuve

Berita F1: Juara dunia F1, Jacques Villeneuve mengatakan bahwa Daniel Ricciardo seharusnya lebih pantas dijatuhi penalti di GP Kanada ketimbang Sebastian Vettel.

Vettel dihukum penalti waktu lima detik lantaran dinilai melakukan manuver berbahaya saat bergabung kembali ke trek setelah melebar keluar lintasan usai mendapat tekanan dari Lewis Hamilton. Alhasil, Vettel yang sebenarnya finis di urutan pertama harus puas turun ke posisi kedua karena hanya berjarak sekitar satu detik dari Hamilton

Hal itu tentunya langsung mengundang kontroversi bagi seluruh fans, dan sejumlah tokoh motorsport yang ikut mengkritisi keputusan stewards tersebut.

Salah satunya adalah sang juara dunia F1, Jacquez Villeneuve. Menurutnya, apa yang dilakukan Vettel adalah sesuatu yang tidak disengaja saat sedang berduel melawan pebalap lain.

Eks pebalap F1 asal Kanada itu justru menyoroti manuver yang dilakukan Ricciardo saat berusaha menahan serangan pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, di awal balapan.

"Saya tidak terkejut dengan penalti Vettel, karena biasanya hal yang sebenarnya terjadi adalah kebalikannya," ujar Villenueve seperti dikutip dari Motorsport.com.

"Ricciardo layak dipenalti atas manvuer dia di trek lurus. Tetapi dia tidak mendapat penalti itu. Ini sudah sering terjadi.”

"Ini buruk buat F1. Mereka merusak balapan dengan keputusan buruk itu. Saya berkata seperti ini bukan karena, 'Oh kita harus punya pemenang baru'.”

"Andai Vettel melakukan manuver kotor seperti yang dilakukan Ricciardo di trek lurus, ya itu pantas dipenalti, dan saya menerimanya, meski itu berarti Lewis menang lagi," tegas Villeneuve.

Artikel Tag: Daniel Ricciardo, f1 2019, Sebastian Vettel

609  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini