Vettel Nilai Mentalitas Max Verstappen Lebih Penting Ketimbang Klasemen

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 05 Jun 2021, 18:30 WIB
Max Verstappen

Max Verstappen

Berita F1: Sebastian Vettel, pebalap Aston Martin, memuji kepribadian Max Verstappen yang saat ini mampu berpikir lebih jernih dan tenang dalam mengambil keputusan.

Kemenangan Max Verstappen di GP Monako, 23 Mei lalu, mengantarkannya sukses memimpin klasemen sementara pebalap musim ini. Bukan hanya itu, Red Bull Racing juga berhasil merebut peringkat pertama klasemen konstruktor yang sebelumnya ditempati oleh Mercedes.

Capaian tersebut merupakan yang pertama kalinya sejak 2013 lalu dimana Red Bull memimpin klasemen konstruktor. Pasalnya, sejak era V6 turbo hibrida diperkenalkan, tim asal Austria tersebut selalu kesulitan untuk menjadi yang tercepat di lintasan.

Banyak yang meyakini bahwa torehan impresif tersebut adalah berkat peningkatan besar yang dilakukan oleh Verstappen, bukan hanya kemampuannya, tapi juga mentalitasnya.

Pebalap asal Belanda itu saat ini menjadi pribadi yang jauh lebih dewasa dan sangat tenang dalam membuat keputusan. Ia juga tak terpancing emosi ketika rival terberatnya, Lewis Hamilton dan Mercedes, melancarkan serangan berupa permainan psikologis.

Sebastian Vettel pun turut memuji Verstappen yang saat ini berpikiran lebih jernih dan menyadari bahwa mobil yang dikendarainya mampu memperjuangkan kemenangan di setiap balapan.

“Saya tidak merasa memimpin kejuaraan dapat memberikan perbedaan besar pada tahap ini. Saya pikir, jika Anda berada dalam pertarungan perebutan gelar, hal terpenting adalah Anda memiliki pikiran yang tenang. Anda tahu bahwa Anda memiliki mobil yang bagus, tim yang bagus dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik,” ujar Verstappen seperti yang dikutip dari Motorsport.com.

“Saya pikir jelas, jika Anda punya keunggulan, Anda ingin memastikan finis di depan siapa pun dan memperlebar jarak. Tapi, seperti yang saya katakan, ini masih sangat awal, baru lima balapan. Jadi, kami masih memiliki banyak balapan yang akan datang, dan yang terpenting adalah Anda ada di sana atau di sekitar itu,” ia melanjutkan.

Lewis Hamilton sendiri mengakui bahwa kehilangan pimpinan klasemen tak memengaruhi apa pun di dalam timnya. Pebalap asal Inggris itu menegaskan The Silver Arrow tak akan mengubah strategi balapnya

“Saya masih berburu, Anda berburu sepanjang musim apakah Anda di depan, atau Anda berada di belakang, jadi tidak ada bedanya bagi saya saat ini. Kami semua mengejar tujuan yang sama, benar? Memenangi balapan dan memenangi kejuaraan. Jadi, saya pikir kami semua adalah pemburu,” jelas Hamilton.

Max Verstappen kemudian mengutarakan pendapatnya dari sudut pandang Red Bull, satu-satunya hal yang dipikirkannya adalah melakukan pekerjaan lebih baik dibandingkan dengan yang telah dilakukannya dalam lima balapan awal musim ini.

“Tentu saja, semua orang fokus bahwa itu harus tetap berjalan dengan baik untuk jangka waktu panjang, jadi tidak hanya sampai saat ini. Lebih penting adalah kami berada di puncak klasemen pada akhir musim. Tapi atmosfer di dalam tim sangat positif saat ini, jelas semua orang sangat senang setelah Monako,” tutur Verstappen.

“Tetapi mereka juga tahu kami harus mempertahankan pekerjaan seperti ini dan kami harus melakukan yang lebih baik daripada di lima balapan pertama,” tutupnya.

Artikel Tag: Max Verstappen, Red Bull Racing, Sebastian Vettel, F1 2021

503  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini