Toto Wolff Sosok Di Balik Layar Kesuksesan Dominasi Mercedes di Formula 1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 13 Jan 2020, 17:20 WIB
Toto Wolff Sosok Di Balik Layar Kesuksesan Dominasi Mercedes di Formula 1

Toto Wolff, team principal Mercedes bersama duo pebalapnya, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton.

Berita F1: Pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, menyebut bahwa sang bos, Toto Wolff, adalah kunci utama kesuksesan Mercedes di Formula 1.

Tim Mercedes berhasil menunjukkan dominasinya selama enam tahun terakhir pada ajang balap Formula 1. Bersama Lewis Hamilton, skuat Panah Perak ini sukses menyabet gelar juara dunia enam kali berturut-turut baik untuk pebalap ataupun konstruktor yang menjadi bukti dominasi Mercedes.

Kejayaan Mercedes memang mulai muncul sejak diperkenalkannya mesin turbo hibrida di ajang Formula 1 pada 2014 silam, pebalap Mercedes telah memenangi hampir tiga perempat dari semua balapan. Bahkan pebalap dari tim Mercedes berhasil menduduki podium tertinggi sebanyak 89 kali dari 121 balapan.

Penyumbang gelar terbanyak pun dicatatkan oleh Lewis Hamilton yang hingga kini sukses mengoleksi lima gelar juara bersama Mercedes. Pebalap asal Inggris ini dinilai jadi salah satu faktor penting bagi kesuksesan Mercedes.

Kendati demikian, pendapat yang berbeda diungkapkan oleh Valtteri Bottas. Ia menilai sosok Team Principal Mercedes, Toto Wolff adalah faktor terpenting dalam kesuksesan timnya.

"Saya pikir Toto Wolff telah memberikan kontribusi penting bagi tim sehingga menjadi seperti sekarang. Cara dia mengelola segalanya dan memotivasi serta mendorong semua orang adalah keahlian yang hanya dimiliki olehnya. Dia sangat ambisius," ujar Bottas seperti dilansir dari Speedweek.

Sejak bergabung dengan Mercedes pada 2013 dengan membeli hingga 30% saham, kepemimpinan Wolff dinilai telah membawa kemajuan signifikan bagi tim asal Jerman ini. Musim balap tahun 2019 menjadi salah satu tahun emas bagi Mercedes dengan dua pebalap mereka berhasil meraih posisi teratas.

Hamilton mampu menjadi juara dunia F1 dengan raihan 413 poin, sedangkan Bottas berhasil menempati posisi kedua dengan 326 poin. Pencapaian Mercedes semakin sempurna setelah ditetapkan sebagai konstruktor terbaik mengalahkan Ferrari dan Red Bull.

Artikel Tag: Valtteri Bottas, Mercedes, Toto Wolff

572  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini