Tiga Pebalap Dijatuhi Penalti Usai Insiden Vettel-Raikkonen di GP Austria

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 06 Jul 2021, 15:15 WIB
GP Austria, Nikita Mazepin

Nikita Mazepin

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Steward memutuskan untuk memberikan hukuman penalti kepada tiga orang pebalap usai insiden tabrakan yang melibatkan Vettel dan Raikkonen di GP Austria.

Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel mengalami insiden tabrakan saat keluar dari Tikungan 5 Sirkuit Red Bull Ring pada lap terakhir GP Austria, Minggu (4/7). Akibat senggolan tersebut, keduanya masuk gravel dan memicu dua bendera kuning (double-waved yellow flag).

Namun, steward menilai ada delapan pebalap yang tak mengindahkan double-waved yellow flag tersebut dengan tak menurunkan kecepatan mobil. Seusai balapan, mereka dipanggil untuk dimintai keterangan.

Tetapi, hanya Nicholas Latifi dan Nikita Mazepin yang terbukti bersalah. Sementara itu, enam pebalap lainnya yakni Carlos Sainz, Charles Leclerc, Sergio Perez, Daniel Ricciardo, Pierre Gasly, dan Antonio Giovinazzi lolos dari hukuman.

Baik Latifi maupun Mazepin mendapatkan penalti stop-and-go 10 detik, yang berarti catatan waktu mereka di GP Austria ditambahkan 30 detik. Keduanya masing-masing juga mendapatkan pengurangan tiga poin pada super licence F1.

Dengan hal tersebut, Mazepin telah mendapatkan pengurangan poin sebanyak lima, sedangkan Latifi lima poin. Jika poin seorang pebalap berkurang hingga 12 angka dalam tempo 12 bulan, maka ia otomatis akan dilarang turun dalam satu balapan F1.

Selain Nicholas Latifi dan Nikita Mazepin, Raikkonen juga mendapat penalti 20 detik dan juga pengurangan dua poin di super licence karena dinilai menjadi penyebab insiden kecelakaan antara dirinya dengan Vettel.

Juara dunia pada 2007 itu dianggap sengaja menghalangi laju Vettel sehingga benturan antara keduanya tak terhindarkan. Kendati begitu, posisi finis pebalap asal Finlandia tersebut di GP Austria naik dari urutan ke-16 menjadi ke-15 karena Nicholas Latifi mendapatkan penalti yang lebih besar.

Artikel Tag: GP Austria, F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/tiga-pebalap-dijatuhi-penalti-usai-insiden-vettel-raikkonen-di-gp-austria
777  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini