Terungkap, Ini Penyebab Mobil Charles Leclerc Kehilangan Tenaga di Spanyol

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 25 Mei 2022, 08:00 WIB
Charles Leclerc

Charles Leclerc

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Setelah melakukan investigasi usai GP Spanyol, Ferrari menemukan bahwa terdapat kerusakan turbo dan MGU-H pada power unit mobil F1-75 milik Charles Leclerc.

Charles Leclerc kembali mengalami kesialan dalam balapan. Dalam dua putaran beruntun, pria asal Monako itu terpaksa melupakan impian untuk menyempurnakan harinya dengan meraih kemenangan.

Berbeda dengan yang ia alami di GP Miami, kali ini penyebabnya adalah mobil F1-75 kehilangan tenaga secara tiba-tiba pada lap 27 GP Spanyol. Ferrari pun segera melakukan investigasi di markas besar mereka yang berada di Maranello, Italia.

Power unit mobil Leclerc yang rusak langsung dikirim ke sana selepas balapan sehingga para insinyur tim bisa melakukan analisis pada Senin (23/5). Mereka lantas menemukan bahwa kerusakan pada turbo dan MGU-H jadi penyebabnya.

Karena sulit diperbaiki, kemungkinan besar mobil Charles Leclerc akan memakai komponen baru untuk menggantikan bagian yang rusak.

“Setelah memeriksa PU dari mobil Leclerc, kami temukan bahwa turbo dan MGU-H rusak dan tidak bisa diperbaiki. Bagaimana pun, setelah menganalisis kegagalan dan penyebabnya, kami senang bahwa itu tidak terjadi akibat kesalahan desain atau masalah reliabilitas dengan dua komponen atau elemen lain dari PU,” bunyi pernyataan Ferrari.

Dari pengumuman tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa pemicu kerusakan pada mesin mobil Leclerc adalah karena cara penggunaan atau faktor eksternal.

Power unit yang dipakai pebalap berusia 24 tahun itu saat mengaspal di Sirkuit Barcelona adalah yang kedua musim ini. Jadi Ferrari harus segera mengambil keputusan sebelum akhir pekan GP Monako, apakah akan memakai komponen lama yang sudah pernah digunakan di awal musim atau menggunakan yang baru.

Sebagai informasi, para pebalap maksimal hanya boleh menggunakan tiga MGU-H dan turbo sepanjang musim. Jika melanggar regulasi, mereka mau tak mau harus menerima penalti grid.

Artikel Tag: Ferrari, Charles Leclerc, F1 2022, GP Spanyol

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/terungkap-ini-penyebab-mobil-charles-leclerc-kehilangan-tenaga-di-spanyol
8786  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini