Terancam Krisis Akibat Covid-19, FIA Minta F1 Evaluasi Pendekatan Kompetisi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 10 Apr 2020, 23:20 WIB
Terancam Krisis Akibat Covid-19, FIA Minta F1 Evaluasi Pendekatan Kompetisi

Jean Todt, Presiden FIA

Berita F1: Presiden FIA, Jean Todt, meminta kepada seluruh penyelenggara kejuaraan balap F1 untuk melakukan pendekatan baru setelah pandemi virus corona berakhir.

Pandemi Covid-19 membuat seluruh aktivitas di seluruh dunia separuh lumpuh. Tak terkecuali dengan ajang balap jet darat Formula 1 yang harus ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Jika kondisi ini terus berlanjut, tim-tim F1 terancam mengalami krisis finansial.

Presiden Federasi Otomotif Internasional (FIA), Jean Todt pun mengungkapkan agar penyelenggara kompetisi balap untuk merubah pendekatan.

Salah satu hal yang disebut oleh Jean Todt adalah masalah krisis yang terjadi hingga kemungkinan adanya pemotongan anggaran Formula 1 secara drastis. Hal ini penting dilakukan demi kelangsungan seluruh tim serta ajang balap ke depan.

Todt pun meminta, khususnya kepada F1, untuk segera melakukan kalibrasi ulang dengan maksud membuat kesepakatan-kesepakatan baru.

"Saya berpikir prioritas nomor satu sekarang untuk pabrikan adalah mengamankan kontinuitas di dunia balap. Saya harap semuanya dapat bertahan, itu sebabnya kita harus mendengarkan seluruh masukan," ujar Jean Todt seperti dilansir dari Motorsport.com.

"Bahkan untuk tim-tim besar, Anda tidak bisa menggampangkan situasi seperti ini. Kita harus mempertimbangkan semuanya. Akan butuh waktu, ini akan kembali dan saya benar-benar berharap kami akan kembali dengan lebih baik."

Todt juga meyakinkan bahwa FIA akan mengambil tanggung jawab dalam mendorong komitmen setiap tim agar tetap bertahan.

"Saya yakin bahwa banyak tim, pemasok, pabrikan, mereka mungkin harus meninjau ulang program mereka. Mereka mungkin akan terpaksa berhenti. Saya tidak ingin terlalu percaya diri, tetapi saya berharap beberapa pemilik tim atau sponsor tim akan menjaga motivasi," ungkapnya.

Kunci untuk menghadapi situasi saat ini adalah bagaimana memulai kejuaraan kembali, tetapi dalam minggu ini saja F1 sudah menunda kompetisi sampai balapan kesembilan pada Grand Prix Kanada.

Todt mengaku optimistis dan berbagi pandangannya dengan CEO F1, Chasey Carey, bahwa dalam kalendar saat ini masih memungkinkan untuk melangsungkan kejuaraan usai masa lockdown berakhir dan kondisi berangsur membaik.

Artikel Tag: Virus Corona, f1

456  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini