Tampil Cepat di FP2, Alpine Masih Harus Fokus Tingkatkan Grip

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 02 Mei 2021, 04:30 WIB
Fernando Alonso, Esteban Ocon, Alpine

Fernando Alonso dan Esteban Ocon

Berita F1: Fernando Alonso dan Esteban Ocon, pebalap tim Alpine, berhasil tampil memukau di FP2 GP Portugal, namun mereka mengaku masih perlu meningkatkan grip.

Fernando Alonso, pebalap Alpine yang musim ini kembali ke F1 usai cuti dua tahun, untuk pertama kalinya berhasil masuk lima besar, tepatnya di urutan kelima saat balapan FP2 dengan terpaut sekira 0,4 detik dari Lewis Hamilton, pebalap tercepat di sesi tersebut. Alonso pun mampu mengungguli rekan setimnya yang finis di posisi keenam, Esteban Ocon, dengan selisih waktu hanya 0,015 detik.

Alpine memanfaatkan FP1 untuk menguji beberapa peranti aerodinamika baru yang diharapakan mampu meningkatkan kinerja dan performa sasis A521.

Alonso mengawali FP1 dengan memakai ban Pirelli soft (C3) untuk beradaptasi dengan lintasan, sedangkan Ocon dengan kompon hard (C1). Menjelang berakhirnya sesi latihan bebas pertama, Ocon mampu finis P10 dengan waktu lap 1 menit 20,800 detik di atas ban lunak dengan total 27 lap. Alonso sendiri harus puas menempati P14 dengan waktu 1 menit 21,303 detik (31 lap).

Selanjutnya, mobil kedua pebalap Alpine tersebut mengawali F2 dengan menggunakan ban medium (C2) dan hasilnya mereka berhasil tembus ke 10 besar. Alonso mampu melesat dengan 1 menit 20,220 detik yang menempatkannya urutan kelima. Sedangkan Esban Ocon mampu melesat 1 menit 20,235 detik untuk berada di P6 setelah beberapa kali melakukan flying lap. Keduanya pun mengakhiri FP2 dengan long runs.

“Hasil cukup solid bagi kami, khususnya dari sisi jarak tempuh. Kami melahap banyak lap dan tidak ada masalah. Kami juga menguji beberapa jenis kompon dan tampaknya bagus untuk persiapan menghadapi lomba Minggu (2/5/2021) nanti,” ucap Esteban Ocon seperti yang dikutip dari laman Motorsport.com.

“Trek ini sangat tricky untuk urusan grip. Tetapi, menurut saya kali ini kami lebih baik dibanding tahun lalu. Ini masih akan menjadi tantangan bagi kami. Kami akan berusaha meningkatkan grip sedikit lagi,” tambahnya.

Fernando Alonso mengakui bahwa ia lebih banyak melakukan adaptasi, mengingat ia belum pernah sama sekali balapan di sirkuit Algarve.

“Fokus saya selama dua sesi latihan bebas adalah aklimatisasi dan evaluasi ban. Masih banyak data yang harus kami analisis. Namun, ini start yang bagus bagi kami. Menurut saya, traffic bakal menjadi tantangan saat kualifikasi nanti,” ujar Alonso.

Artikel Tag: Fernando Alonso, Esteban Ocon, Alpine, F1 2021, GP Portugal

322  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini