Start Terdepan, Charles Leclerc Ragu Bisa Tahan Laju Red Bull di Baku

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 12 Jun 2022, 06:20 WIB
Charles Leclerc

Charles Leclerc

Ligaolahraga.com -

Berita F1 : Charles Leclerc tak yakin mampu mengkonversikan pole position menjadi kemenangan di GP Azerbaijan sebab ia akan menghadapi serangan dari duo Red Bull Racing.

Charles Leclerc memperlihatkan performa mengagumkan dengan mobil Ferrari F1-75 geberannya pada sesi kualifikasi GP Azerbaijan yang digelar Sabtu (11/6). Ia mencatatkan waktu 1 menit 41,359 detik sehingga berhak start terdepan di main race.

Pemuda asal Monako tersebut berhasil menahan tekanan duo Red Bull Racing, Sergio Perez dan Max Verstappen, yang masing-masing start dari P2 dan P3.

Bagi Leclerc, inilah merupakan pole ke-15 nya selama berkarier di Formula 1 dan yang keenam sepanjang musim 2022 bergulir.

“Pole di rumah saya di Monte Carlo terasa sangat indah. Tetapi, merebut pole di sini juga menyenangkan,” kata Leclerc dikutip dari Motorsport.com.

“Aliran adrenalin di sirkuit jalan raya (seperti Monako dan Baku) terasa berbeda dibanding sirkuit konvensional. Mungkin karena itulah saya sangat menyukainya. Anda tahu, kesalahan sangat kecil di trek ini bisa membuat Anda keluar trek," jelas pebalap berusia 24 tahun itu.

Disinggung soal penampilannya di balapan utama nanti, Charles Leclerc mengaku belum tahu pasti bagaimana kecepatan mobil F1-75 saat berlomba.

“Saya tidak terlalu buruk di latihan bebas. Tetapi soal akankah kami cukup kuat menahan para pembalap Red Bull di belakang, saya tidak tahu. Yang saya tahu, pengalaman akan menjadi kunci dan motivasi saya kini sedang tinggi,” tutur Leclerc.

“Seperti saya bilang sebelum GP Spanyol dan GP Monako, saya ingin mampu menyelesaikan lomba pada Minggu. Saya kira, kunci untuk kemenangan di sini adalah pandai mengatur tingkat konsumsi ban," ia melanjutkan.

Kendati menjadi pebalap dengan pole position terbanyak sejauh F1 2022 berjalan, persentase keberhasilan mewujudkan pole menjadi kemenangan yang dimiliki Leclerc tak terlalu tinggi, yakni 26,67% saja. Ia hanya dua kali menang di Bahrain dan Australia.

“Saya tidak tahu apakah mampu memaksimalkan performa untuk lepas dari grup, saat balapan nanti. Di Sektor 1 dan 2 kami sudah sangat bagus. Biasanya, saya selalu kesulitan di Tikungan 2 di Baku. Tetapi kali ini semuanya berjalan bagus,” ucapnya.

“Namun, di tikungan terakhir, saya masih agak kesulitan saat sesi kualifikasi. Tetapi, saya rasa itu karena kencangnya tiupan angin,” tutup Leclerc.

Artikel Tag: Charles Leclerc, Ferrari, Red Bull, F1 2022, GP Azerbaijan

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/start-terdepan-charles-leclerc-ragu-bisa-tahan-laju-red-bull-di-baku
586  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini