Senggolan Lagi dengan Schumacher di Monza, Nikita Mazepin Minta Maaf

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 14 Sep 2021, 14:10 WIB
Nikita Mazepin

Nikita Mazepin

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Nikita Mazepin akhirnya mengungkapkan permohonan maaf kepada tandemannya di Haas, Mick Schumacher, usai keduanya bersenggolan lagi di seri GP Italia.

Hubungan antar pebalap rookie, Nikita Mazepin dan Mick Schumacher, memburuk selama menjalani triple header (tiga balapan beruntun) kedua musim ini karena persaingan sengit diantara mereka. Pada seri sebelumnya, GP Belanda, Schumacher memicu insiden dengan Mazepin. Pebalap asal Rusia tersebut merasa jengkel dan menuntut permintaan maaf dari rekan setimnya itu.

Saat mengaspal di Monza, giliran Schumacher yang menjadi korban Mazepin. Mereka berkontak pada lap ke-32, setelah sesi safety car selesai. Anak pengusaha kaya raya itu merasakan slipstream dan memanfaatkan manuver dengan melakukan serangan pada Schumacher dari dalam.

Mobil Haas VF-21 yang dikemudikan Schumacher kemudian melintir setelah ban kiri belakangnya tersangkut sayap depan mobil Mazepin.

Dengan besar hati, pebalap berusia 22 tahun itu pun mengakui kesalahannya dan menegaskan dirinya siap menerima sanksi. Steward akhirnya memberikan satu poin penalti karena ia dianggap telah memicu insiden kecelakaan.

“Itu salah saya. Sekarang, saya mesti minta maaf untuk itu. Saya pantas mendapat hukuman,” ucap Mazepin dikutip dari Motorsport.com.

“Saya punya keseimbangan sangat bagus dan lebih cepat dari rekan setim. Kemudian, saya mencoba manuver karena tampaknya memungkinkan bagi saya. Dia terlalu cepat mengerem dan punya masalah pengereman bahkan sebelum itu. Manuver bahkan tidak mungkin sama sekali,” ia menjelaskan.

Bukan kali ini saja Nikita Mazepin mengambil risiko yang membahayakan para rivalnya. Bahkan pekan lalu, paman Mick, Ralf Schumacher menyebut ia tak pantas berada di grid F1.

Terkait dengan cap agresif dan berbahaya yang diberikan padanya, Mazepin memiliki jawaban tersendiri.

“Dengan sebuah mobil yang tidak membangkitkan banyak downforce, sulit untuk lebih dekat. Anda hanya punya satu kesempatan yang mesti dimanfaatkan,” tuturnya.

“Kecelakaan dalam balapan sering terjadi, juga dialami pebalap lain. Saya tak punya masalah minta maaf. Yang paling penting tetap jadi manusia. Saya menyebabkan insiden, titik. Saya pantas dapat penalti, meski tidak bisa keluar dari situasi ini,” ia mengungkapkan.

Mazepin pun menjelaskan kalau Schumacher punya andil dalam menyebabkan insiden kecelakaan tersebut.

“Saya menjaga bagian depan tetap bersih. Saya lalu sadar kalau manuver itu tidak berhasil. Setelah saya berubah pikiran, saya tidak bisa keluar dari situasi tersebut,” pungkasnya.

Artikel Tag: Nikita Mazepin, mick schumacher, Haas, F1 2021, GP Italia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/senggolan-lagi-dengan-schumacher-di-monza-nikita-mazepin-minta-maaf
400  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini