Sebastian Vettel Didiskualifikasi, Aston Martin Bakal Ajukan Banding

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 02 Agu 2021, 22:45 WIB
Sebastian Vettel

Sebastian Vettel

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Aston Martin berencana untuk mengajukan banding usai steward memutuskan untuk mendiskualifikasi Sebastian Vettel dari GP Hungaria karena masalah bahan bakar.

Usai balapan GP Hungaria berakhir, FIA melakukan pemeriksaan rutin pada mobil para pebalap. Mereka kemudian menemukan bahwa bahan bakar yang bisa diambil dari mobil milik Sebastian Vettel hanya sebanyak 0,3 liter, dari yang seharusnya 1,0 liter.

Steward lalu memutuskan untuk menjatuhkan hukuman diskualifikasi yang membuat pebalap asal Jerman itu dicoret dari podium. Tetapi, pihak Aston Martin meyakini bahwa bahan bakar pada mobil Vettel masih tersisa sekitar 1,74 liter, yang mana 1,44 liter tidak dapat diambil oleh perwakilan dari FIA.

Mereka juga meyakini masalah pada pompa bahan bakar mobil telah menyebabkan mobil Sebastian Vettel harus berhenti sebelum memasuki parc ferme sehingga sisa bahan bakar tak dapat diambil.

Untuk itulah, mobil AMR21 geberan Vettel tetap berada di garasi pit FIA di Budapest untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut demi menemukan bahan bakar yang hilang. Pekerjaan itu rencananya akan dilakukan setelah mobil diangkut ke fasilitas teknis FIA di Prancis hari ini (2/8).

Aston Martin pun berniat untuk mengajukan banding, tetapi mereka akan melihat lebih dulu hasil dari pemeriksaan yang dilakukan oleh FIA.

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa kami memiliki niat untuk mengajukan banding,” kata Prinsipal Aston Martin, Otmar Szafnauer, dikutip dari Motorsport.com.

“Jadi setelah kami pelajari lebih lanjut, jika kami memiliki alasan, kami akan mengajukan banding, dan jika tidak, kami akan membatalkannya. Tapi kami masih memiliki waktu sekitar 96 jam. Dengan semua perhitungan yang kami lakukan, seharusnya masih ada 1,44 liter bahan bakar yang belum diambil oleh FIA,” imbuhnya.

“Kami hanya perlu menunjukkan kepada FIA bahwa bahan bakar itu ada di dalam mobil, dan 300 mililiter rasanya juga sudah cukup untuk menjadi sampel mereka. Itu akan menjadi dasar banding kami,” ia menjelaskan.

“Jadi, mobil kami akan disita. Kami juga akan melakukan pemeriksaan dan membuat perhitungan. Kami akan terus mencari tahu di mana letak bahan bakar itu,” lanjut Szafnauer.

Artikel Tag: Sebastian Vettel, aston martin, F1 2021, GP Hungaria

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/sebastian-vettel-didiskualifikasi-aston-martin-bakal-ajukan-banding
464  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini