Sambut GP Qatar, Sirkuit Losail Akan Lakukan Beberapa Pembenahan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 14 Okt 2021, 22:55 WIB
Losail, GP Qatar

Sirkuit Losail

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Usai resmi menjadi tuan rumah kejuaraan Formula 1 mulai musim ini, Sirkuit Losail akan mendapatkan beberapa ubahan sehingga berbeda dengan layout MotoGP.

GP Qatar 2021 akan dilangsungkan pada tanggal 19 hingga 21 November mendatang. Balapan tersebut merupakan seri ke-20 kejuaraan musim ini sebelum perlombaan di Arab Saudi dan Abu Dhabi.

Selain itu, Sirkui Losail, juga telah menyepakati kontrak sebagai tuan rumah ajang balap mobil kelas utama dengan kontrak 10 tahun mulai tahun 2023.

Namun tahun depan terpaksa dilewatkan dahulu karena Qatar bakal sibuk menggelar kejuaraan FIFA World Cup 2022.

Secara standar, trek tersebut memang sudah memenuhi syarat untuk menggelar balapan F1. Namun tetap akan terdapat beberapa perbedaan atau ubahan jika dibandingkan dengan versi trek yang digunakan untuk kejuaraan MotoGP.

Misalnya saja bagian pit lane entry di MotoGP yang biasanya dibuat mepet usai para pebalap melewati tikungan terakhir akan diubah untuk menyesuaikan dengan balapan F1.

"Pit lane entry untuk balap motor akan diubah jauh. Pekerjaannya hampir selesai. Aku pekan depan ke sana lagi sebelum ke Austin, untuk melihat-lihat, tapi pekerjaannya sudah hampir selesai," ungkap Race Director F1, Michael Masi, dilansir dari The-Race.

"Sirkuitnya biasa dipakai motor, jadi akan ada apex sausages sehingga pebalap tak bisa memotong tikungan, lalu ada kerb ganda di akhir tikungan yang ditambahkan," sambungnya

"Lalu ada banyak upgrade dinding pembatas trek dengan dukungan TecPro tyres di sepanjang sirkuit. Tapi pit lane entry-lah yang paling terlihat ubahannya," ia menegaskan.

Ubahan yang akan dilakukan oleh FIA dan pihak penyelenggara F1 mungkin tak hanya persiapan untuk perlombaan pada tahun ini saja. Bisa saja setelah balapan yang bakal digelar bulan depan tersebut, bakal ada revisi atau penyesuaian lagi berdasarkan masukan dari beberapa pihak.

"Ada area run off yang besar, tapi itu memang dibuat untuk keselamatan balap motor. Tapi dengan TecPro, tampaknya akan ada perbedaan besar dari versi MotoGP. Ini adalah adaptasi jangka pendek, dan akan ada beberapa hal yang diperhitungkan untuk ke depannya lagi," jelas Masi.

"Utamanya adalah pit lane entry, tapi garasi dan ruang paddock aman. Ini akan jadi seri bagus tahun ini," tukasnya.

Artikel Tag: F1 2021, gp amerika serikat

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/sambut-gp-qatar-sirkuit-losail-akan-lakukan-beberapa-pembenahan
245  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini