Regulasi F1 2019 Berubah, Mercedes Enggan Remehkan Tim Papan Bawah

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 09 Des 2018, 21:35 WIB
Regulasi F1 2019 Berubah, Mercedes Enggan Remehkan Tim Papan Bawah

Sergey Sirotkin pebalap Tim Williams menghuni peringkat terbawah klasemen F1 2018

Berita F1: Mercedes enggan remehkan tim rival musim depan, mengingat F1 2019 akan diberlakukan regulasi baru dan tim manapun termasuk Williams - yang finis di peringkat terbawah klasemen - bisa menemukan dan memanfaatkan celah tersebut.

Musim depan, regulasi aerodinamika bakal mengalami perubahan demi meningkatkan aksi salip-menyalip. Bos tim Mercedes, Toto Wolff, khawatir peta persaingan F1 akan berubah drastis jika ada tim yang berhasil menemukan dan memanfaatkan celah aturan tersebut.

Ia menyebut musim 2009 sebagai contoh, di mana tim Brawn secara tidak terduga muncul sebagai kekuatan dominan di awal musim berkat desain diffuser ganda mereka.

"Dengan adanya perubahan regulasi, saya pikir semuanya masih memungkinkan," ujar Wolff.

"Bisa mirip seperti 2009 di mana Brawn menemukan konsep diffuser ganda. Mungkin sekarang ada tim yang menemukan celah aturan, yang tidak diketahui tim-tim lain, dan itu bisa membuat perbedaan yang signifikan.”

"Jadi kami mewaspadai semua tim, baik itu Ferrari yang finis kedua tahun ini, atau Williams yang berada di urutan ke-10. Semuanya masih bisa membangun mobil yang mampu mengalahkan kami,” imbuhnya.

"Kami menghormati semua tim dan juga upaya yang mereka kerahkan. Jadi kami menganggap mereka semua sebagai rival."

Meski Mercedes kembali berhasil mengungguli Ferrari dan tak terkalahkan tahun ini, Wolff menilai timnya bakal menghadapi perlawanan yang lebih sengit di 2019.

"Poin kembali dimulai dari angka nol setiap tahunnya," tandasnya. "Dan setiap tahunnya, tantangan juga semakin besar.”

"Kami masih positif dan yakin bisa meraihnya. Tapi harus saya katakan, Ferrari, Red Bull, dan tim-tim lain akan mencoba segalanya untuk menghentikan kami," pungkas bos Mercedes itu.

Artikel Tag: f1 2019, Mercedes, williams, Ferrari, Toto Wolff

2012  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini