Ralf Schumacher Remehkan Mobil Formula 1 2022

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 13 Jul 2022, 22:35 WIB
Ralf Schumacher

Ralf Schumacher

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Ralf Schumacher mengklaim mobil Williams FW25 yang dikemudikannya hampir dua dekade yang lalu jauh lebih kencang dibanding jet darat musim 2022.

Williams merupakan tempat Ralf Schumacher bernaung dari musim 1999 hingga 2004. Tak heran jika pria asal Jerman tersebut sangat mengenal karakter jet darat milik tim asal Inggris itu.

Dengan sasis FW25, ia sukses menyabet dua kemenangan pada 2003. Pria yang kini berprofesi sebagai komentator tersebut kembali ke mobil bermesin V10 dalam Parade Legenda, unsur hiburan yang terdapat pada seri GP Austria akhir pekan lalu.

Ia kembali mengebut di Sirkuit Red Bull Ring dengan mobil tersebut bersama lima eks pebalap lainnya, seperti Mathias Lauda (Ferrari 312B3), Zak Brown (Lotus 79), Riccardo Patrese (Brabham BMW BT52), Martin Brundle (Benetton B192) dan David Coulthard (RB8).

“Rasanya ini seperti kemarin lusa. Ini adalah mobil di mana saya memenangi dua balapan (pada 2003). Kursi, sabuk pengaman, semua masih pas. Pedal juga masih milik saya dan setelannya juga. Saya tinggal duduk,” ucapnya dikutip dari Motorsport-Total.com.

“Cukup lucu. Saya masih punya kostum dari zaman dulu. Itu tidak serumit sekarang, tapi saya tahu semua harus diselesaikan, tahu sakelar dan seperti apa. Rasanya luar biasa dan sungguh menyenangkan merasakan itu lagi,” imbuh Schumacher.

Meski dianggap punya setelan yang sama, sejatinya ada perbedaan antara mobil asli dan yang baru dikemudiannya lagi. Pada 2003, mobil FW25 menggunakan ban berpola dan mesin pembakaran V10. 19 tahun kemudian memakai ban ban slick dan mengandalkan performa throttle.

Ralf Schumacher pun mengklaim dirinya bisa melaju lebih kencang daripada mobil F1 2022. Namun sayang ia enggan membocorkan berapa waktu terbaik yang berhasil dicatatkannya.

“Mobil memiliki grip yang luar biasa. Itu sulit dipercaya, tak terbayangkan,” ujarnya.

“Saya lebih kencang (daripada mobil sekarang), tapi saya tidak akan mengatakan berapa,” ia melanjutkan.

“Di masa lalu, mesin saya lebih dari 950 hp, di sini kita punya 850 hp. Kami juga memindahkan gigi lebih cepat pada 2.000 rpm. Mesin seharusnya bertahan lebih lama. Itu adalah perbedaan besar.”

Pria 47 tahun tersebut juga membandingkan bobot mobil. Menurut regulasi baru yang dipakai pada F1 2022, berat ideal untuk bisa melaju kencang adalah 798 kg. Namun pada 2003 hanya membutuhkan sekitar 600 kg.

“Mobil sekarang hampir lebih berat 200 kg. Kami juga bicara seputar performa sistem. Saya memiliki 850 hp yang tersedia sepanjang waktu. Anda seharusnya tidak meremehkan itu,” ucap adik Michael Schumacher itu.

Artikel Tag: Ralf Schumacher, williams, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/ralf-schumacher-remehkan-mobil-formula-1-2022
758  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini