Performa Tak Konsisten, Yuki Tsunoda Masih Harus Pelajari Banyak Hal

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 14 Jul 2021, 07:45 WIB
Yuki Tsunoda, Franz Tost

Yuki Tsunoda dan Franz Tost

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos AlphaTauri, Franz Tost mengaku tak kecewa dengan berbagai kesalahan yang dibuat Yuki Tsunoda sebab ia masih seorang debutan dan perlu banyak belajar.

Sebagai seorang rookie, nama Yuki Tsunoda langsung menjadi perbincangan saat menjadi pebalap asal Jepang pertama yang berhasil finis di zona poin pada balap F1 pertamanya, GP Bahrain, dengan finis di P9 (2 poin), pada Maret lalu. Tetapi pada balapan-balapan selanjutnya, performa pebalap AlphaTauri tersebut makin sulit diprediksi.

Ia mengalami insiden kecelakaan di kualifikasi pertama (Q1) GP Emilia Romagna) dan GP Prancis. Terbaru, Tsunoda membuat kesalahan yang kian menegaskan bahwa dirinya masih perlu mempelajari banyak hal sebagai seorang debutan. Dirinya dua kali melibas garis putih di pitlane entry pada GP Austria dua pekan lalu dan dijatuhi dua hukuman penalti 5 detik.

Performa tak stabil Tsunoda membuatnya baru mengoleksi sembilan poin dan menduduki peringkat ke-13 klasemen sementara pebalap. Pebalap berusia 21 tahun itu hanya mampu merebut poin dalam tiga dari sembilan balapan yang diikutinya, yakni P9 di GPBahrain, P7 di GP Azerbaijan, dan P10 di GP Styria.

Torehannya tersebut terpaut jauh dari rekan setimnya, Pierre Gasly, yang sudah mengumpulkan 39 poin dan berada di peringkat kesembilan klasemen.

Kendati begitu, sang Prinsipal AlphaTauri, Franz Tost mengaku tak terlalu khawatir melihat performa Yuki Tsunoda yang belum stabil.

“Yuki berkembang sangat baik. Ia mengikuti setiap proses dan sudah di arah yang benar,” ucap Tost dilansir dari Motorsport.com.

“Anda jelas tidak bisa berharap seorang rookie langsung mengetahui segalanya sejak awal. Itulah mengapa saya selalu katakan bila pebalap muda butuh tiga tahun untuk memahami Formula 1 yang kompeks. Ditambah, F1 semakin rumit setiap tahunnya,” imbuhnya.

Tost juga mengaku gembira dengan kemampuan balap Tsunoda karena mampu menunjukkan kecepatan yang fantastis.

“Ia berkembang setiap hari, sesi demi sesi. Saya cukup optimistis kami akan melihatnya menuai hasil bagus pada paruh kedua musim. Yuki juga akan sukses di masa depan,” tutur Tost.

Artikel Tag: Yuki Tsunoda, AlphaTauri, F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/performa-tak-konsisten-yuki-tsunoda-masih-harus-pelajari-banyak-hal
375  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini