Pelanggaran Track Limit Diyakini Akan Kembali Terjadi di GP Prancis

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 15 Jul 2022, 14:20 WIB
GP Prancis

GP Prancis 2021

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos Red Bull, Christian Horner, khawatir pelanggaran batas lintasan (track limit) akan kembali menjadi problem di balapan selanjutnya, GP Prancis.

Akhir pekan lalu di GP Austria tercatat ada 43 pelanggaran batas lintasan (track limit). Itu juga dialami oleh driver Red Bull Racing, Sergio Perez, yang kehilangan waktu lap terbaiknya dalam Q2.

Banyaknya pelanggaran track limit sendiri disebabkan oleh beberapa run-off di lintasan. Tandeman Perez, Max Verstappen, mengatakan hal tersebut sejatinya tidak masuk akal.

“Saya tidak merasa kami harus memiliki ini, Anda melewati garis 1 milimeter, itu akan diganjar penalti atau semacamnya. Tambahkan saja dinding pembatas atau tempatkan kembali kerikil. Itu juga tidak terlihat bagus untuk olahraga," ucapnya dikutip dari Motorsport.com.

Problem mengenai track limit turut mengundang perhatian bos Die Roten Bullen, Christian Horner, yang dikhawatirkan akan memburuk di Sirkuit Paul Ricard, tuan rumah seri GP Prancis.

Le Castellet sendiri bukanlah tempat paling populer di kalender balap Formula 1 karena memiliki run-off aspal. Ciri desain yang terkait dengan silsilahnya sebagai salah satu sirkuit teraman di benua Eropa, membuat tempat tersebut sering dipakai untuk pengujian.

Menurut Horner, Paul Ricard akan membuat para pebalap berkendara hingga melewati batas lintasan ketimbang di Red Bull Ring. Pasalnya itu membuat mereka jadi punya kans lebih besar untuk mendapatkan waktu lap lebih baik.

Ia pun meyakini Steward bakal lebih sibuk mencatat banyaknya pelanggaran track limit saat balapan GP Prancis.

“Saya pikir masalahnya adalah sifat sirkuit yang mengundang pebalap untuk menggunakan batas lintasan. Dan tentu saja, ada banyak, banyak pengendara yang melanggar itu selama akhir pekan,” tutur Horner.

“Saya pikir kekhawatiran saya tidak begitu besar di sini. Saya pikir Paul Ricard akan menjadi masalah yang lebih besar karena ada keuntungan waktu yang bisa didapat,” ia melanjutkan.

“Jelas, Anda punya hamparan aspal yang begitu luas di sana, jadi itu hanya mengundang Anda untuk berkendara di luar trek,” tambahnya.

Driver Haas, Mick Schumacher, juga sepakat dengan kekhawatiran yang diungkapkan Christian Horner

“Ini adalah sesuatu yang harus didiskusikan, sesuatu untuk dilihat apakah kami dapat meningkatkannya untuk acara berikutnya. Khususnya di Paul Ricard, saya kirar itu akan menjadi perhatian besar,” kata pemuda asal Jerman itu.

“Memang terlihat agak konyol jika untuk keluar satu sentimeter dari lintasan Anda mendapat penalti lima detik, dan sebagian besar waktu hilang ketika Anda keluar. Anda tidak mendapatkan waktu lap, itu yang lebih buruk,” pungkasnya.

Artikel Tag: Red Bull, GP Prancis, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/pelanggaran-track-limit-diyakini-akan-kembali-terjadi-di-gp-prancis
668  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini