Nyck de Vries Akui Tengah Berupaya Dapat Kursi di Formula 1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 08 Jun 2022, 14:25 WIB
Nyck de Vries

Nyck de Vries

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Pebalap Formula E, Nyck de Vries, tak menampik soal ketertarikannya untuk berkompetisi di Formula 1 setelah beberapa kali berkesempatan menggeber jet darat.

Nyck de Vries kini memiliki koneksi dengan tiga tim Formula 1. Ia merupakan driver cadangan untuk Mercedes, McLaren, dan kini digandeng Williams.

Mengendus potensi yang diperlihatkan pebalap Formula E tersebut, Williams lantas memberikannya kesempatan untuk tampil sebagai rookie di sesi latihan bebas. De Vries dipercaya untuk menggeber mobil FW44 andalan Alex Albon.

Ia pun mendarat di posisi ke-18 dalam tabel waktu tercepat FP1 GP Spanyol. Pria asal Belanda itu membukukan waktu 1:22,920 atau terpaut 3,092 detik dari Charles Leclerc yang berada di urutan pertama.

Pencapaian De Vries bahkan lebih baik dari sesama pengemudi mobil FW44, Nicholas Latifi. Torehan yang cukup lumayan untuk ukuran pebalap yang baru saja mencicipi mobil Formula 1 2022.

Dalam sebuah wawancara, Nyck de Vries menceritakan sensasinya mengemudikan mobil FW44.

“Itu bukan pengalaman pertama saya mengemudi mobil F1, tapi memang itu pengalaman pertama saya mengemudi mobil F1 terbaru, ban 18 inci terbaru dan bersama Williams. Juga pengalaman perdana turun di FP1,” ujarnya dilansir dari Motorsport.com.

“Itu sangat istimewa. Pengalaman unik. Saya sedikit gugup, saya kira itu berjalan baik. Saya juga gembira dengan performa saya,” ia mengimbuhkan.

Problem porpoising menjadi isu yang diangkat para pebalap jet darat. Menariknya, De Vries mengklaim tak terlalu merasakan efek tersebut.

Di sisi lain, ia mengakui kalau mobil Formula 1 yang dibuat sesuai regulasi teknik musim 2022 sulit untuk dikendalikan di zona lambat.

“Saya hanya mengalami sedikit porpoising di beberapa tempat. Namun, itu tidak terlalu buruk. Mobil tahun ini sedikit lebih lambat,” ungkapnya.

“Ketika mobil lebih lambat, sedikit sulit dikemudikan karena downforce kecil terutama saat memasuki tikungan lambat. Tapi, sebagai pebalap, Anda cepat beradaptasi dengan mobil yang diberikan kepada Anda.”

Musim lalu, George Russell sempat mengatakan kalau De Vries sudah layak untuk berkompetisi di Formula 1. Beberapa hari lalu, insinyur senior Williams, Dave Robson, juga melontarkan pujian yang sama.

Robson mengaku terkesan dengan kemampuan pebalap Mercedes-EQ Formula E Team tersebut dalam memahami cara kerja ban dan mampu memberi masukan yang bagus untuk tim, khususnya untuk mendapat keseimbangan mobil FW44. Kecepatannya pun cukup baik dan hanya melakukan kesalahan yang wajar untuk ukuran ‘debutan’.

“Saya kira berdasarkan itu, dia hanya mengemudikan mobil sejam, dia melakukan pekerjaan bagus. Dia pantas dapat tempat di grid,” ia menuturkan.

Menanggapi pujian-pujian tersebut dan kemungkinan hijrah ke Formula 1, De Vries tak menampik sangat tertarik. Ia mengaku sudah ada upaya untuk membuka jalur ke sana, tapi sang pebalap masih menantikan kelanjutannya.

“Komentar baik dari George. Tapi, bukan dia yang memutuskan apakah saya punya kesempatan atau tidak. Ya, kita lihat saja. Waktu yang akan berbicara. Saya belum tahu,” kata de Vries.

“Akan ada sedikit pergerakan, tapi bukan saya yang memutuskan. Saya tidak bisa mengontrol itu. Saya tidak dalam posisi mewah untuk memilih, tapi jadi rahasia umum jika setiap pebalap punya impian dan mengejar itu. Kita lihat saja kalau segala hal bisa diselesaikan,” pungkasnya.

Artikel Tag: Nyck de Vries, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/nyck-de-vries-akui-tengah-berupaya-dapat-kursi-di-formula-1
768  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini