Mercedes Ungkap Risiko Lewis Hamilton Jika Tak Ganti Ban di GP Turki

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 11 Okt 2021, 23:20 WIB
Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos Mercedes, Toto Wolff, mengungkapkan risiko yang bakal dihadapi Lewis Hamilton jika enggan mengganti ban mobilnya menjelang akhir perlombaan GP Turki.

Seri GP Turki yang digelar pekan lalu menjadi balapan dalam kondisi basah karena Sirkuit Istanbul Park diguyur hujan. Para pebalap pun menggunakan ban intermediate sejak start hingga mencapai garis finis.

Lewis Hamilton yang start dari urutan ke-11, harus berjuang keras untuk menorehkan hasil terbaik disana.

Setelah melakukan pit stop di putaran ke-51 dan menggunakan ban intermediate baru, pebalap asal Inggris itu justru marah besar.

Bos Mercedes, Toto Wolff, kemudian memberi penjelasan mengapa Hamilton dipaksa oleh timnya untuk melakukan pergantian ban tujuh lap sebelum balapan berakhiri.

Menurutnya, juara dunia F1 tujuh kali itu bakal disalip oleh pebalap andalan AlphaTauri, Pierre Gasly, jika tetap bersikukuh untuk tidak melakukan pit stop.

“(Ban) Intermediate terlihat sangat menakutkan tetapi kami pikir kami mungkin bisa bertahan di sana dan finish ketiga tanpa berhenti atau jika trek menjadi kering, kami akan bermain apik sampai finish,” kata Wolff kepada Sky Sports.

“Jadi, kami menimbang antara masuk pit dan bertarung dengan Perez dan Leclerc di trek untuk P3 atau mengambil sedikit taruhan untuk menang atau finis ketiga," lanjutnya.

Toto Wolff juga menemukan bahwa performa ban intermediate menurun drastis pada lima belas putaran terakhir.

"Kami melihat Leclerc menurun dan Lewis nge-drop, jelas bahwa kami tidak akan berhasil sampai finish,” ujar pria asal Austria itu.

“Akan lebih baik (berhenti lebih awal) daripada akhirnya berhenti," imbuhnya.

“Jika tetap di luar (tetap berada di lintasan) dia akan kalah dari Gasly," ia menjelaskan.

Kalau ia disalip oleh Gasly, Lewis Hamilton tidak bisa membawa pulang banyak poin dari GP Turki, apalagi jika ban mobilnya meletus sebelum finis.

Hamilton pun harus puas hanya finis kelima dan tergusur dari puncak klasemen pebalap setelah tertinggal 6 poin dari Max Verstappen yang finish sebagai  runner-up di Sirkuit Istanbul Park.

Artikel Tag: Lewis Hamilton, Mercedes, F1 2021, GP Turki

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/mercedes-ungkap-risiko-lewis-hamilton-jika-tak-ganti-ban-di-gp-turki
363  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini