Mercedes Masih Ingin Pertahankan Mesin Ketiga Mobil Lewis Hamilton

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 18 Sep 2021, 17:25 WIB
Mercedes, Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos Mercedes, Toto Wollf, menyebut timnya belum berencana untuk memakai mesin keempat pada mobil Hamilton agar mereka tak dijatuhi hukuman penurunan grid.

Mobil Mercedes W12 yang dikemudikan oleh Lewis Hamilton saat ini sudah menggunakan power unit ketiga. Seandainya pebalap asal Inggris itu mengalami kecelakaan parah ke seri-seri berikutnya, maka bukal hal mustahil bagi The Silver Arrows untuk menggunakan mesin baru.

Namun, sejauh ini, pabrikan asal Jerman itu mencoba mengutak-atik mesin yang tersedia. Sebaliknya, tandeman Hamilton, Valtteri Bottas justru sudah menggunakan jatah power unit keempat saat turun di seri GP Italia pekan lalu, Konsekuensinya adalah pebalap Finlandia itu memulai balapan utama dari pit lane meski berhasil memenangi sprint race.

Alasan Mercedes belum ingin menggunakan power unit keempat pada Hamilton tentu saja karena mereka tak ingin dijatuhi penalti penurun grid yang dapat mengganggu usaha perebutan titel juara konstruktor dan pebalap.

Apalagi saat ini, Lewis Hamilton berada di belakang sang rival utama, Max Verstappen, di klasemen pebalap. Selisih poin mereka kini terpaut lima poin.

“Tidak, ganti mesin bukan opsi absolut karena kami masih melaju sangat nyaman dengan power unit ini,” ujar Wolff dikutip dari Motorsport.com.

“Keputusan itu bisa diambil kapan saja, tapi saat ini, kami tidak merasa bahwa ini penting. Apakah itu artinya kami tidak akan memasang mesin keempat? Tidak, saya tidak tahu. Kami akan melihat bagaimana jalannya balapan selanjutnya,” jelasnya.

Hamilton juga mengutarakan pandangan senada dengan Wolff.

“Saat ini, saya masih punya dua mesin. Tidak ada rencana memakai mesin ekstra, semoga. Tapi, kami perlu melihat lagi apa yang terjadi,” ucap pebalap berusia 36 tahun itu.

Dibanding dengan Mercedes, Red Bull justru mengambil langkah yang lebih berani. Setelah Verstappen terlibat senggolan dengan Hamilton di seri GP Inggris, mereka terpaksa mengganti mesin mobil pebalapnya itu. Sementara itu penalti grid yang diterimanya akan dibayar pada trek yang mudah bagi Verstappen.

Wolff sendiri tak menutupi kekhawatiran kalau Hamilton bisa saja gagal finis saat balapan. Hal itu benar terjadi saat pebalapnya tersebut mengaspal di Sirkuit Monza.

“Kami yakin antara P1 dan P2, dengan lap tercepat, kalau Anda punya satu kondisi tak bisa menyelesaikan lomba maka diperlukan pebalap lainnya untuk mengejar di empat balapan,” tutur Wolff.

“Dan itu brutal. Anda harus bisa finis empat kali di posisi kedua. Karena itu, Anda hanya perlu tampil aman tanpa mengorbankan performa,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: Mercedes, Lewis Hamilton, F1 2021, GP Italia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/mercedes-masih-ingin-pertahankan-mesin-ketiga-mobil-lewis-hamilton
599  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini