McLaren Nilai Trek Baku Lebih Cepat Habiskan Ban

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 06 Jun 2021, 08:30 WIB
McLaren, Daniel Ricciardo

Daniel Ricciardo

Berita F1: Direktur Balap McLaren, Andrea Stella, mengungkapkan bahwa trek Baku membutuhkan traksi dan tingkat pengereman yang cukup tinggi sehingga ban cepat terkikis.

Direktur Balap McLaren, Andrea Stella, berpendapat bahwa trek Baku sangat cepat menghabiskan ban mobil MCL35M. Hal tersebut terbukti saat latihan bebas GP Azerbaijan pada Jumat (4/6/2021). Baut yang mengikat kerb ke tanah kerap mencabik ban. Selain itu, ada beberapa sektor yang lambat dan ditambah trek lurus.

Trek lurus tentunya membutuhkan traksi dan tingkat pengereman cukup tinggi, sementara grip aspal lumayan rendah sehingga tekanan terhadap ban mencapai level menengah.

Stella melihat data yang dihasilkan cukup memadai untuk menggambarkan kondisi dan respons MCL35M di sirkuit seperti Baku. Yang paling kentara adalah ban lunak dan medium yang cepat terkikis.

“Itu adalah Jumat yang produktif dan menarik bagi kami. Kami dapat mengumpulkan banyak data tanpa inisden atau masalah. Tapi, ada banyak tantangan dihadapi tim di sirkuit ini. Selalu jadi tantangan bagi para pebalap karena grip rendah dan sangat dekat dengan dinding,” tutur Stella seperti yang dikutip dari Motorsport.com.

“Bagi para engineer juga sangat sulit untuk menentukan level sayap belakang yang terbaik. Ban yang dibawa kemari tahun ini juga sangat menarik karena ada tingkat tinggi pemakaian pada ban lunak dan medium,” tambahnya.

“Tapi kami telah memiliki hari yang menggembirakan dan mobil kami dalam kondisi bagus. Kami menunggu kualifikasi bagus dan itu berlanjut pada Minggu,” ia melanjutkan.

Lando Norris sendiri agak kesulitan tampil positif di Baku ketimbang saat ia mengaspal di Monte Carlo. Pebalap asal Inggris itu mencatatkan waktu terbaik kedelapan dalam sesi latihan bebas kedua GP Azerbaijan.

“Itu adalah hari yang bagus dan hangat! Secara keseluruhan tidak buruk. Kami tampak sangat bagus pada sesi pertama dan menghadapi tantangan kecil pada sesi kedua. Jadi kami perlu mengetahui apakah itu berhubungan dengan setting atau kondisi,” ungkap Norris.

“Kami berkembang lebih baik besok. Kami akan melihat data yang kami miliki sepanjang malam dan mencari cara untuk meningkatkan mobil,” jelasnya.

Sementara itu, Daniel Ricciardo, yang mendarat di posisi ke-13 di FP2, mengaku tak mendapat masalah meski terlempar dari 10 besar.

“Saya kira, itu hari yang bagus. Kami menemukan beberapa hal dan membuat kemajuan. Waktu lap tidak selalu mengisahkan cerita yang riil dan posisi ke-13 tidak terlalu menunjukkan itu, tapi saya kira kami lebih maju dari itu,” kata Ricciardo.

“Tentu kami harus bekerja keras untuk mengeluarkan tapi saya pikir kami akan berjalan ke arah yang tepat. Saya merasa lebih rileks dan yakin,” tutupnya.

Artikel Tag: lando norris, Daniel Ricciardo, McLaren, F1 2021, GP Azerbaijan

374  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini