Max Verstappen Minta Race Director Lebih Dekat dengan Para Pebalap

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 14 Jul 2022, 02:00 WIB
Max Verstappen

Max Verstappen

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Max Verstappen menginginkan kedua Race Director Formula 1 lebih sering berinteraksi dengan para pebalap sehingga mampu membuat keputusan yang adil.

Keputusan Race Director Formula 1 yang kurang konsisten mengenai suatu insiden balap atau melanggar track limit (batas lintasan) membuat para pebalap merasa jengkel. Salah satunya terjadi di GP Austria, di mana terdapat 43 pelanggaran track limit yang dicatatkan oleh Steward.

Pebalap Mercedes, George Russell, merasa penalti lima detik yang ia terima atas bentrokannya dengan Sergio Perez di Tikungan 4 Sirkuit Red Bull Ring terlalu kejam. Pemuda berusia 24 tahun itu pun mengusulkan agar semua insiden ditinjau ulang dan berharap Steward bekerja lebih dekat dengan para pebalap sehingga semua orang bisa lebih memahami aturan.

“Dinamika setiap insiden berbeda. Faktanya adalah, Checo ada di sisi luar dan saya harus memberi dia ruang,” kata Russell dikutip dari Motorsport.com.

“Tetapi ketika dia menempatkan saya pada posisi di mana saya sudah berada di batas mobil saya dan seseorang berbelok dengan grip lebih besar, tidak ada tempat yang bisa saya tuju,” lanjutnya.

“Secara hukum, saya salah dan dia benar. Tapi sejak saya mengerem, saya berada di batas mobil saya dan tidak ada lagi yang bisa saya lakukan. Dia memiliki udara bersih, Carlos (Sainz) berada dalam mode bertahan.”

“Itulah yang terjadi di lap pertama, dia punya banyak pengalaman, dia tahu bagaimana kelanjutannya. Tapi dari perspektif pengadil, itu sangat sulit. Kami semua mencari konsistensi tetapi kami tidak ingin penalti diberikan ke kiri, kanan, dan tengah,” ia menambahkan.

“Kami perlu bekerja sama untuk membangun agar kami semua berada di halaman yang sama.”

Saat ini Formula 1 memiliki dua orang Race Director, Niels Wittich dan Eduardo Freitas, yang ditunjuk untuk menggantikan Michael Masi. Mereka bekerja secara bergantian sehingga Steward tak konsisten dalam membuat keputusan.

Tapi, Max Verstappen merasa bukanlah masalah besar jika memiliki dua Race Director yang berpegang teguh pada aturan untuk membuat keputusan.

“Saya tidak berpikir itu tergantung pada satu Race Director, saya pikir ini lebih tentang bekerja dengan pebalap daripada hanya menjaga pendirian dan keras kepala,” ujar pemuda asal Belanda tersebut.

“Kami ingin membuatnya lebih baik untuk semua orang dan itu tidak seperti kami berjuang untuk diri kami sendiri,” imbuhnya.

“Kami memiliki percakapan yang baik antara pebalap dan pada akhirnya, kurang lebih, pada banyak hal yang kami setujui. Tentu saja, setiap orang memiliki pendapatnya sendiri tentang hal-hal tertentu.”

“Kemudian hal lainnya adalah insiden balap dan sebagainya. Ya, pasti kami bisa lebih baik. Saya pikir kami akan mengerjakannya, kami akan mencoba membuatnya lebih baik,” tutup Verstappen.

Artikel Tag: Max Verstappen, Red Bull, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/max-verstappen-minta-race-director-lebih-dekat-dengan-para-pebalap
597  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini