Mattia Binotto Disebut Tak Nyaman Menjabat Sebagai Prinsipal Ferrari

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 11 Agu 2022, 12:45 WIB
Mattia Binotto

Mattia Binotto

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Eks direktur olahraga Ferrari, Cesare Fiorio, menyebut penurunan kinerja Sang Kuda Jingkrak ada hubungannya dengan kegagalan Mattia Binotto memimpin tim.

Ferrari telah berulang kali membuat kesalahan sepanjang Formula 1 2022 bergulir. Tentu saja ini membuat pabrikan asal Maranello tersebut dihujat oleh publik.

Meski banyak pihak ingin melihat restrukturisasi dalam tim, Mattia Binotto nyatanya tetap mendapat kepercayaan sebagai prinsipal.

Menurut Cesare Fiorio, selaku mantan direktur olahraga Ferrari, situasi ini mungkin ada hubungannya dengan Binotto yang kurang nyaman memimpin tim.  

Ia diketahui mulai bergabung dengan Ferrari saat masih berusia 26 tahun, setelah lulus sebagai insinyur mesin dari Politecnico di Lausanne, Swiss. Kemudian Binotto menyelesaikan gelar master bidang teknik otomotif di Modena.

Pria berusia 52 tahun tersebut lalu mendapat kepercayaan sebagai insinyur mesin dengan departemen penguji Ferrari hingga 2003 sebelum masuk ke tim balap pada tahun berikutnya.

Di sana, Mattia Binotto menjabat sebagai kepala operasi departemen mesin pada 2009. Lalu ia menjadi kepala powertrain sebelum akhirnya menjadi direktur teknik tim pada tahun 2016.

Awal Januari 2019, Binotto ditunjuk sebagai prinsipal tim menggantikan Maurizio Arrivabene, sebuah jabatan yang diakuinya tidak pernah ia impikan selama ini. 

Fiorio lalu menggambarkan pria kelahiran Swiss tersebut sebagai seorang teknisi hebat yang harus mempelajari pekerjaan yang sebenarnya tidak cocok untuknya. Tetapi ia masih percaya Binotto bisa membalikkan keadaan dan menjawab keraguan publik.

“Dia insinyur hebat yang sekarang punya pekerjaan lain. Jelas bahwa masih ada sesuatu untuk diperbaiki dan itu adalah tugasnya untuk dilakukan,” ucap Fiorio dikutip dari La Gazzetta dello Sport.  

“Sekarang tergantung kepadanya untuk memastikan Ferrari mendapatkan kembali kesuksesan seperti di awal musim,” imbuhnya.

Artikel Tag: Ferrari, Mattia Binotto, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/mattia-binotto-disebut-tak-nyaman-menjabat-sebagai-prinsipal-ferrari
854  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini