Masih Dilanda Problem Porpoising, Mercedes Berniat Ubah Konsep Mobil

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 02 Jul 2022, 20:50 WIB
Mercedes, Lewis Hamilton

Lewis Hamilton

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Mercedes mengaku tak menutup kemungkinan untuk mengubah desain mobil jet darat W13 demi mengurangi efek porposing yang masih terus melanda mereka.

Mercedes sampai saat ini masih mencari racikan terbaik untuk meningkatkan performa mobil W13 dan menyelesaikan problem porpoising. Desain lantai terbaru pun kembali diperkenalkan oleh pabrikan asal Jerman tersebut di GP Inggris.

Sebenarnya bukan hanya mereka yang dilanda masalah tersebut, sebagian besar tim Formula 1 juga berjuang menghadapi regulasi baru musim 2022. Tapi, The Silver Arrows kedapatan mulai meniru konsep sidepod mobil Red Bull RB18 yang dianggap jadi solusi terbaik.

Seperti diketahui, Die Roten Bullen menjadi salah satu tim yang tak terlalu terdampak problem porpoising karena desain jet darat mereka mampu mengalirkan arah angin dengan tepat.

Direktur Teknis Mercedes, Mike Elliott, lantas memberikan komentarnya soal kemungkinan peralihan ke konsep mobil Red Bull.

“Saya pikir bodywork, bagian yang terlihat berbeda. Secara detail ini lebih tentang desain floor,” ucap Elliott dikutip dari Motorsport.com.

“Kami telah mengevaluasi beberapa konsep ke arah itu. Saya tidak akan mengatakan ke arah mana kami akan pergi, tetapi kami akan melihat solusi konsep Red Bull,” ia mengimbuhkan.

“Saya pikir sangat konyol untuk terlalu angkuh dengan konsep sendiri, dan tidak berpikir Anda mungkin salah, dan tidak melihat apa yang telah dilakukan orang lain.”

“Itu bukan hanya tentang konsep Red Bull. Kami harus melihat semua konsep mobil di grid dan mengatakan apa yang terlihat menarik dan apa alasannya,” lanjutnya.

Mike Elliott lalu menjelaskan ketimbang berpikir untuk langsung meniru konsep mobil Red Bull, hal utama bagi Mercedes adalah memahami terlebih dahulu keuntungan yang didapat dari desain itu.

“Saya pikir sebagai mantan ahli aerodinamika, apa yang Anda coba lakukan adalah memahami apa yang menurut Anda terjadi dalam aliran udara,” ia menuturkan.

“Anda mencari tahu apa yang ingin Anda lakukan dengan arah aliran angin, dan kemudian mengembangkan bentuk bodywork dari sana,” tambahnya.

“Jadi kami akan pergi dan melihatnya dan berkata: menurut kami apa yang dilakukan oleh Red Bull dan mengapa mereka melakukan itu?”

“Itu sama untuk semua mobil lain di grid. Kemudian kami akan melihat apa yang bisa kami pelajari dari itu, dan melihat apa yang bisa kami terapkan.”

“Mungkin kami akan melihat perubahan tahun ini. Mungkin saja perubahannya tahun depan. Atau mungkin kami akan tetap di tempat kami sekarang. Saya pikir itu adalah pertanyaan yang kami coba jawab,” tutup Elliott.

Artikel Tag: Mercedes, Red Bull, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/masih-dilanda-problem-porpoising-mercedes-berniat-ubah-konsep-mobil
643  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini