Manajamen Ban Jadi Kunci Kesuksesan Sebastian Vettel Raih Podium Perdana

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 07 Jun 2021, 23:45 WIB
Sebastian Vettel

Sebastian Vettel

Berita F1: Sebastian Vettel, pebalap Aston Martin, menjelaskan bahwa keberhasilannya merebut podium perdananya di Baku karena ia mampu memanajemen ban dengan baik.

Sebastian Vettel menghabiskan paruh pertama balapan GP Azerbaijan untuk naik ke posisi lebih tinggi, mengingat dirinya memulai balapan dari luar sepuluh besar. Vettel kemudian diuntungkan dengan kondisi ban lunaknya yang masih dalam keadaan baik saat restart balapan. Ia pun meraih posisi runner-up, di belakang pebalap Red Bull Racing, Sergio Perez.

Menanggapi hal tersebut, Vettel mengatakan bahwa awal balapan GP Azerbaijan menjadi momen krusial bagi Aston Martin. Apalagi, eks pebalap Ferrari itu diperbolehkan menggunakan satu set ban lunak baru, bukan ban yang sudah ia gunakan dalam sesi kualifikasi kedua (Q2) pada Sabtu (5/6/2021).

"Saya pikir strategi kami kurang tepat, karena tentu saja memulai balapan dari baris depan itu selalu lebih baik ketimbang start kami pada balapan kali ini (di Baku). Ban baru kami malah tidak merugikan, karena kami juga melihat pebalap lain mencatatkan waktu yang cukup baik saat kualifikasi,” ujar Vettel seperti yang dilansir dari Motorsport.com.

"Jadi, ban ini membantu kami bisa melaju lebih lama lagi. Kami menjaga kondisi ban dengan sangat baik, dan saya kira itulah rahasia kami, ditambah dengan kecepatan yang cukup baik. Saya pikir mobil kami terasa nyaman dikendarai, dan ini menjadi bukti bahwa kami terus melangkah maju dan berkembang,” ia menambahkan.

Podium perdana Sebastian Vettel di musim ini juga menjadi penghibur bagi Aston Martin. Pasalnya, mereka kehilangan satu pebalapnya pada paruh pertama balapan GP Azerbaijan, yakni Lance Stroll.

Pebalap asal Kanada tersebut mengalami insiden besar di lap 31. Ia kehilangan kendali mobilnya saat melaju kencang di lintasan lurus Sirkuit Baku, dan akhirnya menabrak dinding pembatas.

Artikel Tag: Sebastian Vettel, aston martin, F1 2021, GP Azerbaijan

690  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini