Piala dunia Rusia 2018

Mampu Bersaing dengan Tim Besar, Bos Force India Bangga

Penulis: Ardi
Selasa 13 Feb 2018, 23:00 WIB
Mampu Bersaing dengan Tim Besar, Bos Force India Bangga

Vijay Mallya, Bos Force India F1

Berita F1: Bos Force India F1, Vijay Mallya bangga dengan raihan tim Force India yang menjadi tim papan tengah terbaik selama dua musim berturut-turut dengan berada di posisi keempat. Namun ia merasa masih terjadi kesenjangan yang begitu dalam antara tim besar dan tim kecil di F1.

Force India berhasil memimpin lini tengah selama satu dekade di grid F1, menempati posisi keempat di klasemen konstruktor dalam dua musim terakhir, tim ini mampu menempel ketat di belakang tim-tim dengan anggaran besar yaitu Mercedes, Ferrari dan Red Bull.

Menggunakan anggaran yang cukup minim dibanding tim lain, Force India berhasil memenangkan penghargaan paddock berkat prestasi mereka baru-baru ini di F1. Hal itu membuat sang bos semakin bangga dengan capaian tersebut.

"Saat ini ada jurang besar yang harus kita tutup dengan tiga tim teratas, tapi saya tetap bangga karena kami 'terbaik dari yang lain'," ungkap Mallya dilansir dari First Post.

"Kami berjuang melawan pabrikan mobil besar dan kita harus realistis mengenai apa yang bisa kita capai dengan sumber daya kita sendiri. Jadi saya merasa puas dan bangga dengan pekerjaan yang kita lakukan, tapi kami masih haus akan hasil dan podium yang lebih baik lagi.

"Tujuan untuk masa depan adalah mempertahankan posisi kami dan mulai menutup celah dengan tim di depan kami."

Sejumlah rencana untuk menciptakan persaingan yang lebih ketat di F1 telah diajukan dalam beberapa tahun terakhir, namun Mallya merasa hanya dengan redistribusi uang hadiah yang dilakukan secara merata yang akan memberikan tim independen kesempatan untuk berjuang di barisan depan.

"Bukan rahasia lagi kita kekurangan kekuatan finansial dibanding Mercedes dan Ferrari. Tim pabrikan spesial ini juga mendapat keuntungan dari hadiah-hadiah yang menguntungkan mereka, yang selanjutnya akan memperluas jurang dengan tim independen," kata Mallya.

"Ini adalah sesuatu yang selalu kami yakini memiliki dampak pada kesehatan dan daya saing olahraga ini. Pendistribusian uang hadiah yang lebih adil memungkinkan tim lain, termasuk Force India, untuk bersaing dengan pijakan yang lebih setara.

"Sampai masalah ini diselesaikan, tidak mungkin kita akan melihat tim independen yang meraih kemenangan di balapan setiap minggu."

Artikel Tag: Force India, Esteban Ocon, Sergio Perez, F1 2017, F1 2018

346