Lewis Hamilton Sebut Dapat Penalti Karena Ulah Steward Sendiri

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 28 Sep 2020, 22:25 WIB
Lewis Hamilton

Lewis Hamilton, Formula 1 GP Rusia 2020

Berita F1: Pebalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton, menduga bahwa penalti yang diterimanya pada balapan F1 GP Rusia 2020 justru disebabkan oleh race steward sendiri yang tak ingin melihatnya memenangkan balapan.

Lewis Hamilton menjalani GP Rusia yang berlangsung di Sirkuit Sochi, Minggu (27/9) dengan hati yang kurang gembira, sebab pebalap andalan Mercedes itu dijatuhi penalti karena ketahuan melakukan latihan start di tempat yang dilarang sebelum balapan.

Ia menerima dua penalti lima detik, sehingga total penalti yang didapat yakni 10 detik. Penalti tersebut sempat membuat posisi Hamilton melorot ke posisi ke-11. Namun, ia bisa memperbaiki posisi sebelum menempel dua pesaingnya di barisan depan, Max Verstappen (Red Bull Racing) dan rekan setimnya, Valtteri Bottas.

Ia pun menilai hukuman yang diberikan tersebut terlalu berlebihan. Ia bahkan menyebut bahwa langkah tersebut diambil untuk mencegahnya menang terus.

"Tentu saja hukuman tersebut terlalu berlebihan dan sudah bisa diperkirakan. Mereka mencoba menghentikan saya," ujar pebalap asal Inggris tersebut.

"Akan tetapi, tak masalah. Saya akan bangkit lagi dari sini," tandasnya.

Lebih lanjut, Hamilton juga mengatakan bahwa tak ada pebalap yang dihukum sebelumnya ketika melakukan latihan di tempat yang dilarang race steward itu.

"Saya harus mengecek ulang peraturannya. Sebelum ini tidak ada pembalap dihukum karena alasan sesepele ini. Latihan start sebelum balap adalah hal yang saya lakukan berkali-kali di tempat lain. Namun, keputusan steward begitu, jadi ya sudah," ungap Lewis Hamilton.

Pengawas balapan FIA akhirnya mencabut hukuman Hamilton setelah meninjau ulang percakapan audionya dengan tim. Hamilton sendiri gagal memperpanjang torehan kemenangannya dan hanya bisa finis di urutan ketiga pada balapan GP Rusia tersebut

Artikel Tag: Lewis Hamilton, f1 2020, Mercedes

516  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini